Sukses

5 Rekor yang Coba Dipecahkan Ronaldo Sebelum Pensiun

Ronaldo terus mengukir rekor baru sejak bergabung dengan Real Madrid pada 2009.

Liputan6.com, Madrid - Sejak bergabung dengan Real Madrid pada 2009, Cristiano Ronaldo tak henti-hentinya mencetak rekor baru. Bintang asal Portugal itu sudah mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah klub asal Spanyol itu.

Tak hanya dengan Real Madrid, Ronaldo juga menorehkan rekor individu bersama timnas Portugal. Jumlah tersebut membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa juara Piala Eropa 2016 itu.

Selain itu, Ronaldo juga masuk dalam jajaran pemain yang memenangi trofi Liga Champions dengan dua klub berbeda. Dia telah meraih empat trofi bergengsi tersebut sejauh ini, tiga bersama Real Madrid dan satu dengan MU.

Namun, masih ada sejumlah rekor individual yang belum bisa dilampaui pemain 32 tahun tersebut. Bahkan, beberapa di antaranya sepertinya sulit untuk dipecahkan mantan Benfica tersebut.

Berikut lima rekor yang coba dipecahkan Ronaldo sebelum pensiun seperti dikutip dari Sportskeeda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Pencetak Gol Terbanyak di Level Internasional

Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk timnas Portugal. Ia sudah memiliki 78 gol setelah mencetak hattrick ke gawang Kepulauan Faroe dalam kualifikasi Piala Dunia 208 pada 1 September lalu.

Torehan gol Ronaldo bersama Portugal melampai rekor gol Sandor Kocsis bersama Timnas Hungaria. Ia tercatat mencetak 75 gol.

Ronaldo kini tinggal terpaut tujuh gol dengan pencetak gol terbanyak internasional sepanjang masa, Ferenc Puskas. Legenda Real madrid itu mencetak 84 gol saat bermain untuk timnas Hungaria dan Spanyol dalam 89 penampilan.

Jika melihat usianya yang masih 32 tahun, Ronaldo berpeluang memecahkan rekor Puskas.

3 dari 6 halaman

4. Rekor Gol Dalam Setahun

Lionel Messi masih memegang sebagai pencetak gol terbanyak dalam setahun. Messi total mencetak 91 gol untuk Barcelona dan timnas Argentina pada 2012.

Sementara itu, Ronaldo baru mencetak 61 gol untuk Real Madrid dan timnas Portugal di tahun yang sama. Gol terbanyak CR7 (sebutan Ronaldo) dalam setahun hanya menyentuh 69 dol dalam 59 penampilan pada 2013.

Dalam daftar pencetak gol terbanyak dalam setahun sepanjang masa, Ronaldo berada di posisi kelima. Dia harus mengalahkan Pele, Chitalau, Gerd Mueller, dan Lionel Messi untuk berada di puncak.

Untuk memecahkan rekor tersebut, tentu tidak mudah. Ronaldo perlu kerja ekstra keras.

4 dari 6 halaman

3. Gol Cepat untuk Real Madrid

Ronaldo bisa mengalahkan bek lawan dalam sekejap, bahkan dengan bola di kakinya. Ia juga memiliki kecepatan yang luar bisa di lapangan.

Ronaldo mampu berlari sejauh 96 menter hanya dalam 10 detik. Catatan waktu Ronaldo tidak berbeda jauh dengan rekor dunia lari 100 meter milik Uian Bolt, 100 meter dalam 9,58 detik. Namun, perlu diingat, Ronaldo terus berlari selama 77 menit.

Gol tercepat Ronaldo bersama Real Madrid tercipta pada laga melawan Xerez di musim 2009/10. Ia menjebol gawang Xerez saat laga baru berumur 45 detik.

Namun, gol cepat Ronaldo itu belum bisa memecahkan rekor gol milik legenda Real Madrid, Ivan Zamorano. Eks striker timnas Chile itu mencetak gol di detik ke-12 saat melawan Sevilla pada September 1994.

Gol cepat lainnya dibuat Ronaldo Luís Nazario de Lima pada detik ke-14. Mampukah Ronaldo melampaui gol tercepat tersebut?

5 dari 6 halaman

2. Penampilan Terbanyak dengan Real Madrid

Cristiano Ronaldo telah menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Real Madrid dengan mematahkan rekor Raul Gonzalez dengan 323 gol. Dia telah mencetak lebih dari 400 gol untuk Los Blancos dan jumlahnya akan terus bertambah di tahun-tahun mendatang.

Namun, Ronaldo sepertinya tidak bisa memecah rekor Raul dalam jumlah penampilan bersama Real Madrid. Legenda Madrid itu telah mencatat 723 penampilan untuk klub raksasa Spanyol tersebut.

Bahkan, Ronaldo belum masuk dalam daftar 10 pemain dengan penampilan terbanyak untuk Real Madrid. Dengan hampir 500 penampilan, ia butuh enam atau tujuh tahun lagi untuk menjadi pemain dengan penampilan terbanyak dengan klub ibu kota Spanyol itu.

Melihat kebugarannya, Ronaldo masih bisa bermain sampai usia 40 tahun. Akan tetapi, ia tidak pindah ke klub lain jika ingin memencahkan rekor tersebut.

6 dari 6 halaman

1. Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa untuk Dua Klub Berbeda

Ronaldo sempat diterpa rumor akan meninggalkan Real Madrid dan kembali ke mantan klubnya, Manchester United (MU). Jika kembali ke Old Trafford, Ronaldo berpeluang menjadi pemain pertama yang tercatat sebagai pencetak gol terbanyak untuk dua klub berbeda.

Seperti diketahui, Ronaldo sudah menasbihkan diri sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Real Madrid. Sementara di MU, Ronaldo baru menorehkan 118 gol selama enam musim bermain untuk klub Inggris tersebut.

Saat ini, status pencetak gol terbanyak sepanjang masa MU dipegang Wayne Rooney dengan 253 gol. Jika Ronaldo memutuskan kembali ke MU, dia akan membutuhkan setidaknya empat musim untuk memecahkan rekor Rooney tersebut.

Pastinya, jika rekor itu terwujud, Ronaldo akan mengungguli pesaing beratnya, Lionel Messi, sebagai pemain yang tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di dua klub berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini