Sukses

Rusuh Suporter Arsenal dan Koln, UEFA Siap Ganjar Sanksi

Liputan6.com, London - Arsenal menyalahkan penjualan tiket yang dilakukan calo atas masalah kerusuhan penonton pada pertandingan Liga Europa melawan Koln, Jumat (15/9/2017) dini hari WIB. UEFA telah memulai penyelidikan atas pelanggaran disiplin dari suporter kedua klub.

Koln dan Arsenal didakwa sejumlah pelanggaran pada laga yang harus tertunda selama satu jam itu. Penggemar Koln datang dengan jumlah besar ke markas The Gunners, Stadion Emirates, sebagian di antaranya tidak punya tiket.

 

"Menyusul pertandingan semalam kami ingin menegaskan bahwa keselamatan penggemar selalu merupakan perhatian utama kami dan menginformasikan semua keputusan yang dibuat," kata Arsenal dalam pernyataannya.

Seperti dilansir Reuters, banyak di antara fans Koln yang membeli tiket untuk area-area di stadion yang dihuni oleh penggemar Arsenal, menimbulkan masalah segregasi, meski hanya terjadi satu insiden terpisah saat pertandingan telah dimulai.

"3.000 tiket dialokasikan kepada penggemar Koln yang sesuai dengan peraturan-peraturan kompetisi namun sudah jelas bahwa terdapat lebih banyak penggemar tim tamu yang datang, menimbulkan kepadatan dan gangguan yang signifikan di luar stadion sebelum sepak mula," paparnya.



"Banyak tiket yang dijual melalui para calo dan ini sangat mengecewakan," tambah pihak klub.

Arsenal mengatakan mereka bekerja sama dengan The Metropolitan Police dan UEFA untuk menentukan apakah pertandingan itu, yang dimenangi klub Inggris tersebut dengan skor 3-1, dapat dimainkan.




1 dari 2 halaman

Koln kembali ke kompetisi Eropa

"Kami bekerja dengan konsultasi penuh dengan polisi dan ofisial-ofisial UEFA pada malam itu dan demi keberlangsungan pertandingan dan telah telah mengambil langkah-langkah signifikan untuk mencegah tiket-tiket dijual ke penggemar tim tamu."

UEFA mengatakan Koln didakwa karena kerusuhan penonton, menyalakan kembang api, melemparkan sejumlah benda, dan menimbulkan kerusakan di stadion. Arsenal didakwa karena pelanggaran peraturan-peraturan keamanan dan keselamatan karena memblok tangga di area tribun penggemar tim tamu, kata badan sepak bola Eropa itu dalam pernyataannya.

Arsenal telah meluncurkan peninjauan penuh terhadap berbagai situasi seputar pertandingan. Mereka menolak klaim-klaim bahwa sejumlah penggemar Koln memiliki tiket yang diperlukan dengan bergabung dalam skema keanggotaan penggemar resmi Arsenal.

"Tidak ada penjualan keanggotaan setelah undian yang dapat digunakan untuk memperoleh tiket-tiket di tribun penggemar tuan rumah untuk pertandingan ini," kata Arsenal. "Kami juga bekerja dengan para kolega kami di Koln untuk menghentikan penggemar melakukan perjalanan tanpa tiket pertandingan," paparnya.

Artikel Selanjutnya
Wenger dan Pemain bakal Rapat Tertutup Bahas Kondisi Arsenal
Artikel Selanjutnya
Dalam Masa Sulit, Wenger Minta Dukungan Fans Arsenal