Sukses

Anto Boy Pembawa Merah Putih pada Pembukaan ASEAN Para Games

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Anto Boy mendapat kehormatan membawa Bendera Merah Putih pada upacara pembukaan ASEAN Para Games 2017 Malaysia, Minggu (17/9/2017). Atlet powerlifting ini terpilih setelah mempertimbangan prestasi, kosentrasi atlet, dan kekuatan fisik.

"Pemilihan pembawa bendera Indonesia pada upacara pembukaan ASEAN Para Games harus memenuhi kriteria. Selain prestasi, juga konsentrasi atlet menjelang pertandingan, serta kekuatan fisik agar tahan mengusung Merah Putih selama upacara," kata Chef de Mession (CdM) APG Indonesia, Bayu Rahadian.

Anto merupakan peraih medali emas ASEAN Para Games Singapura 2015. Dia akan membawa Merah Putih di atas kursi roda.

Dengan kekuatannya sebagai atlet angkat berat, Anto bisa duduk tegak mengibarkan bendera dalam upacara yang diikuti ribuan atlet, ofisial dan undangan. Pemilihannya juga menjadi represtasi kekuatan dan kesiapan Indonesia tampil di ajang nanti.

Selain Anto, David Yacobs dan Ni Nengah Widiasih, juga dipertimbangkan membawa bendera. Namun, kedua nama mereka gugur karena sudah berkompetisi.

Menurut Bayu, tidak semua dari 196 atlet Indonesia hadir dalam upacara pembukaan. Para atlet yang sudah bertanding dan akan berlaga dalam waktu dekat tidak ikut parade. Pertimbangan ini diambil untuk menjaga kosentrasi para atlet.

"Memang kita mengambil keputusan melarang para atlet beraksi jelang upacara pembukaan. Kami tidak ingin merusak fokus mereka," ucap Bayu.

Mengenai jumlah atlet Indonesia yang ikut parade ASEAN Para Games, Bayu mengemukakan, ada sekitar 100 atlet dan ofisial yang ambil bagian. Mereka akan mengenakan baju batik Solo.

Artikel Selanjutnya
Amy Search Hingga Sheila Majid Meriahkan Penutupan SEA Games
Artikel Selanjutnya
Atlet Malaysia Dedikasikan Gelar Juara SEA Games untuk Publik