Sukses

MU Hancurkan Everton

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) meraih poin sempurna setelah menjamu Everton pada pekan kelima Liga Inggris. Skuat racikan Jose Mourinho ini menang 4-0 atas Everton di Old Trafford, Minggu (17/9/2017) malam.

Tambahan tiga angka membuat MU menyamai perolehan poin Manchester City. Sama-sama mengoleksi 13 poin, keduanya bertengger di puncak klasemen.

Meski sempat diguyur hujan begitu laga dimulai, MU langsung menggempur pertahanan Everton. Hasilnya, di menit ke-4, tuan rumah sudah mencetak gol. Tendangan keras Antonio Valencia dari sisi kiri pertahanan Everton tak bisa dihalau kiper Jordan Pickford. Skor 1-0.

Unggul cepat, MU kian semangat melancarkan serangan. Selepas 10 menit laga berjalan, Everton baru bisa keluar dari tekanan. Peluang pertama Everton tercipta di menit ke-21. Menerima umpan dari Martina, Rooney coba melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Sayang, bola masih menyamping di sisi kanan gawang David De Gea.

Di menit ke-26, gawang Everton nyaris saja kebobolan. Berawal dari kesalahan Michael Keane memberikan umpan, bola direbut Rasfhord yang langsung memberikan umpan terobosan kepada Romelu Lukaku. Meski tinggal berhadapan dengan Pickford, bola sepakan Lukaku masih melenceng dari sasaran.

Peluang kedua didapat Lukaku di menit 38. Kali ini, umpan terobosan Rashford diterima Lukaku di kotak penalti. Meski sempat dibayangi bek Everton, Lukaku masih bisa melepaskan tendangan kaki kanan. Tapi, bola masih bisa diblok Pickford dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Di sisa waktu, MU dan Everton mencoba mencetak gol. Tapi, tidak ada gol tercipta hingga jeda.

1 dari 3 halaman

Babak Kedua

Everton langsung menggebrak begitu laga dimulai. Rooney nyaris saja menyamakan skor di menit ke-46 andai saja tendangan kaki kirinya tidak diblok kiper De Gea. Semenit kemudian, De Gea kembali melakukan penyelamatan gemilang. Kali ini, kiper asal Spanyol itu memblok tendangan Sigurdsson dari jarak dekat.

Secara perlahan, MU kembali memegang kendali permainan. Meski demikian, MU sulit membongkar pertahanan Everton yang bermain lebih disiplin pada babak kedua. Terlebih, Lukaku terus dijaga ketat secara bergantian oleh Ashley Williams dan Phil Jagielka.

Situasi ini membua Manajer MU Jose Mourinho memainkan Jesse Lingard pada menit ke-61 dengan menarik keluar Rasfhord. Setelah itu, giliran Ander Herrera yang dimasukkan untuk menggantikan Juan Mata di menit 77. Masuknya kedua pemain ini membuat serangan MU lebih tajam.

Di menit ke-83, Mkhitaryan menggandakan keunggulan MU. Berawal dari kesalahan Williams yang melepaskan umpan tetapi diblok Fellaini dan bola disodorkan Lukaku. Berdiri bebas, Lukaku mengumpan kepada Mkhitaryan yang dituntaskan dengan sepakan kaki kanan. Gol!

Tertinggal dua gol, membuat lini pertahanan Everton jadi lengah. Lukaku yang tidak terkawal dengan bebas menerima sodoran dari Lingard. Dengan tenang, Lukaku menaklukkan kiper Pickford. Di luar dugaan, Lukaku merayakan gol ke gawang mantan timnya tersebut.

Skor 3-0 ternyata belum membuat MU puas. Anthony Martial yang masuk di menit ke-88, menyumbang gol di menit ke-90+2 lewat eksekusi penalti. Laga pun berakhir dengan skor 4-0.

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain

MU: 1 David De Gea, 25 Antonio Valencia, 3 Eric Bailly, 4 Phil Jones, 18 A. Young, 27 Marouane Fellaini, 31 Nemanja Matic, 19 Marcus Rashford, (14 J. Lingard, 61) 22 Henrik Mkhitaryan (11 A. Martial, 88), 8 Juan Mata (21 Ander Herrera, 77), 9 Romelu Lukaku

Everton: 1 Jordan Pickford, 6 Phil Jagielka, 5 Ashley Williams, 4 Michael Keane, 3 Leighton Baines, 2 Morgan Schneiderlin, 17 Idrissa Gana Gueye (29 D. Calvert-Lewin, 76), 15 R. Martina, 18 Gylfi Sigurdsson, 26 Tom Davies (9 Sandro Ramirez, 66), 10 Wayne Rooney (11 K. Mirallas, 82)

Artikel Selanjutnya
Arsenal dan City Berebut Pemain Buangan MU
Artikel Selanjutnya
Lawan Basel, Mourinho Jamin Lindelof Starter MU