Sukses

Gilas Laos, Indonesia ke Semifinal

Indonesia memastikan diri melenggang ke semifinal Piala AFF 2010. Kemenangan meyakinkan 6-0 (2-0) yang dua gol di antaranya diciptakan Firman Utina, dibukukan Pasukan Garuda kala menghadapi Laos.

Liputan6.com, Jakarta: Indonesia memastikan diri melenggang ke semifinal Piala AFF 2010 sebagai juara grup. Kemenangan meyakinkan 6-0 (2-0) yang dua gol di antaranya diciptakan Firman Utina, dibukukan Pasukan Garuda kala menghadapi Laos pada laga kedua Grup A di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (4/12) malam.

Indonesia mengambil inisiatif serangan sejak dimulainya permianan. Pada menit kedelapan sebuah sepak pojok gagal dimaksimalkan Hamka Hamzah ketika bola sundulannya melebar di samping gawang. Semenit berselang Laos menebar ancaman lewat serangan pertama mereka. Tembakan Kaysone Soukhavong dari luar kotak penalti menerpa mistar gawang.

Peluang tersebut memunculkan kepercayaan diri Laos. Sebuah serangan di menit ke-24 nyaris membuahkan gol, namun bola gagal dicocor Konekham Inthammavong di sisi kanan kotak penalti timnas. Selang tiga menit Indonesia mampu membuka keunggulan.

Wasit menunjuk titik putih begitu Cristian 'El Loco' Gonzales dijatuhkan pemain bertahan Laos di dalam kotak penalti. Dengan dingin Firman menunaikan tugasnya. Bola bersarang di sisi kiri gawang sementara kiper Sengphachan Bounthisanh bergerak ke sisi yang satu. Indonesia unggul 1-0 dan semakin bernafsu menyerang pertahanan Laos.

Memasuki menit ke-35, Indonesia memperbesar keunggulan jadi 2-0. Gol pengganda keunggulan berasal dari penetrasi M. Ridwan. Permain bernomor punggung 22 ini menusuk pertahanan Laos dengan aksi solo-run. Benturan dengan pemain belakang lawan tidak menghentikan laju bola melewati garis gawang musuh. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama berakhir.

Indonesia yang menjaga tekanan unggul tiga gol di menit kelima setelah rehat. Berawal dari kerjasama apik dengan M. Ridwan, Firman yang tak mendapat kawalan berarti melepaskan tendangan menyilang yang tidak bisa diantisipasi kiper Bounthisanh. Indonesia memimpin tiga gol tanpa balas.

Ketinggalan tiga gol tim asuhan David Booth kehilangan semangat bertanding. Dua menit setelah Ridwan membuang peluang emas, gol keempat Indonesia tercipta di menit ke-61. Kerjasama satu dua antara Firman dan El Loco diselesaikan dengan mantap oleh Irfan Bachdim ke pojok kiri bawah gawang.

Unggul mutlak pelatih Alfred Riedl mulai menyuntikkan darah segar. Arif Suyono yang masuk dari bangku cadangan mengantar Indonesia unggul 5-0, diawali kemelut memasuki menit ke-76. Tak puas sampai di situ, secara luar biasa aksi individu Oktavianus Maniani merobek gawang Laos untuk kenam kalinya pada menit ke-81. Keunggulan setengah lusin menutup laga dan memuaskan suporter Tanah Air.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini