Sukses

Sutan Diego Hattrick, Timnas Indonesia U-16 Tekuk Timor Leste

Liputan6.com, Bangkok - Timnas Indonesia U-16 sukses memetik kemenangan 3-1 atas Timor Leste dalam laga lanjutan babak Kualifikasi Piala Asia U-16 2018, Selasa (18/9/2017). Pemain pengganti striker Sutan Diego Armando Ondriano Zico mencetak hattrick pada pertandingan kali ini.

Skuat Garuda Asia tertinggal lebih dulu pada babak pertama lewat tembakan Paulo Domingo pada menit ke-19. Berawal dari serangan balik cepat dari Timor Leste, Paulo mampu mengelabui satu pemain belakang timnas yang tersisa di kotak penalti.

Setelah gol pertama Timor Leste terjadi, Timnas U-16 setidaknya mendapatkan lima kesempatan set pieces baik dari sepak pojok maupun tendangan bebas. Namun belum mengancam gawang lawannya.

Gol Indonesia di akhir babak pertama juga dianulir wasit karena sudah dalam posisi offside. Striker Bagus Alfikri memanfaatkan celah kaki kiper Timor Leste untuk melakukan tembakan, namun hakim garis mengangkat bendera terlebih dahulu.

Skor sementara 1-0 untuk keunggulan Timor Leste. Pelatih Timnas Indonesia Fakhri Husaini hanya melakukan satu kali pergantian pemain, dengan memasukkan gelandang serang Hamsa Lestaluhu masuk menggantikan Brylian Negiehta Aldama menit ke-30.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Pada babak kedua Bagus Alfikri ditarik oleh pelatih Fakhri Husaini. Fakhri memasukkan penyerang bernomor punggung 9, Sutan Diego Armando Ondriano Zico.

Menit ke-49 hakim garis kembali menganulir gol Indonesia. Penyerang Timnas U-16 Amanar Abdillah dianggap sudah berada dalam posisi offside.

Timor Leste harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-51. Paulo Domingos mendapat kartu kuning keduanya setelah melakukan pelanggaran.

Sutan Zico akhirnya menjadi supersub dengan membuat gol penyeimbang pada menit ke-61. Dia memanfaatkan umpan terobosan dari luar kotak penalti sebelum menaklukkan kiper lawan dengan tenang.

Sutan membuat Indonesia berbalik unggul 2-1 tiga menit kemudian atau menit ke-64. Umpan 1-2 dengan Amanar berhasil diselesaikannya dengan tembakan pelan ke gawang Timor Leste.

Pada menit ke-73 giliran gol Timor Leste yang dianulir wasit. Gelandang John Frith dalam posisi offside saat menyambut tendangan bebas dengan sundulan.

Sutan sukses mencetak hattrick pada menit ke-89. Umpan terobosan Hamsa Lestaluhu disambut Sutan yang sudah berdiri one-on-one dengan kiper Timor Leste.

Skor 3-1 untuk Timnas Indonesia U-16. Sutan Zico tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 dengan koleksi delapan gol.

Wasit yang memimpin pertandingan, Robert Evans tercatat mengeluarkan tujuh kartu kuning di sepanjang pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Leste ini. Enam di antaranya diberikan pada Timor Leste.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando; Bagas, Moch. Yudha (Rendy 78'), Ahmad Rusadi; Fadilah, David Maulana (c), Moch. Supriadi, Brylian (Hamsa 30'); Amanar, Andre, Bagus (Sutan Diego 45')

Pelatih: Fachri Husaini

Timor Leste: Junildo; Sandro, Tonito, Jordao; Osorio, Jhon Liu (c), Paulo Domingos Freitas, Luis Figo, Martinho, Mateus, Mouzinho

Pelatih: Agustinho Martins

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.