Sukses

MotoGP: Ritual-Ritual Unik Marquez Sebelum Balapan

Marquez berbagi pengalaman tentang kebiasaan dia sebelum mengaspal di ajang MotoGP.

Liputan6.com, Cervera - Setiap pembalap MotoGP punya trik menghadapi balapan yang sengit dan menguras tenaga. Dalam hal ini, pembalap asal Spanyol, Marc Marquez, mencoba untuk berbagi pengalaman tentang kebiasaan dia sebelum mengaspal.

Marquez menjelaskan rahasianya saat dia mempersiapkan diri jelang balapan MotoGP. Pembalap Repsol Honda ini terpaksa menjalani program diet. Maklum, dia memiliki pelatih pribadi khusus pada aspek psikologis dalam pelatihannya.

"Lalu saya mengikuti diet dan beberapa program latihan. Tak ada yang istimewa, diet klasiknya seimbang dengan karbohidrat, sayuran, buah dan daging," tutur Marquez, seperti dikutip dari Insella, Selasa (19/9/2017).

Selain program diet yang menjadi rahasianya, Marquez juga memberikan trik jitu bagaimana mengatur nafas dengan baik. Ia menjelaskan, mengatur pernafasan selama balapan merupakan aspek penting.

"Jika seorang pembalap dalam kondisi baik-baik saja, itu mudah. Yang terpenting adalah tetap tenang dan rileks. Anda harus bernafas di antara satu kurva dan yang lainnya," jelasnya.

 



"Itu penting, secara pribadi membantu saya untuk tetap berkonsentrasi. Saat saya gugup saya suka melakukan tiga atau empat pernapasan panjang, itu membuatku merasa lebih baik," tambah Marquez.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek Detak Jantung

Pembalap berusia 24 tahun ini tidak menjelaskan apakah masih melakukan kebiasaan mengecek detak jantung sebelum balapan. Pasalnya, Baby Alien pernah mencobanya sewaktu belum tampil di MotoGP alias di kelas Moto2 pada 2012.

"Biasanya saya tidak menggunakan itu. Tapi, di tahun 2012 (Moto2), saya mencoba melakukan hal itu dengan monitor detak jantung tepat sebelum balapan. Karena saya merasa tegang. Di monitor bisa terlihat bahwa saya memiliki 150 denyut per menit. Dan, selama balapan saya memiliki rata-rata yang lebih sedikit tinggi," ujar Marquez.

Marquez saat ini sedang mempersiapkan balapan seri 14 di Aragon, Spanyol, akhir pekan ini. Kemenangan menjadi harga mati untuk memperlebar jarak dari dua pesaingnya, yakni Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.