Sukses

Mengenal Bomber Ganas Timnas Indonesia U-16, Sutan Zico

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia terus menciptakan pemain-pemain berbakat. Setelah Evan Dimas dan Egy Maulana Vikri, kini muncul nama Sutan Diego Armando Zico, striker timnas Indonesia U-16 di babak kualifikasi Piala Asia U-16.

Zico sudah mencetak delapan gol dalam dua pertandingan kualifikasi Piala Asia U-16 Grup G. Dia mencetak lima gol saat timnas Indonesia U-16 menang 18-0 atas Kepulauan Mariana Utara, 16 September 2017.

Tak cukup sampai di situ. Striker kelahiran Jakarta itu menjadi pahalwan timnas Indonesia U-16 di laga kedua Grup G. Masuk sebagai pemain cadangan, Zico mencetak tiga gol dan membantu Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste, kemarin.

Dengan delapan gol, dia menjadi top scorer kualifikasi Piala Asia U-16. Zico unggul lima gol dari tiga rekan setimnya, Amiruddin Bagus, Mochammad Supriadi, dan Hamsa Lestaluhu.

"Syukur Alhamdulillah, pelatih memberikan kepercayaan lagi kepada saya untuk bermain. Saya juga tak mau menyia-nyiakan kesempatan itu dengan pembuktian tiga gol saya," kata Zico usai pertandingan timnas Indonesia U-16 melawan Timor Leste.

1 dari 4 halaman

Siapa Zico?

Lalu, siapa sebenarnya Zico? Dari mana dia berasal? Zico ini sebenarnya "anak baru" di tim berjulukan Garuda Asia tersebut. Pelatih timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini baru memanggilnya dari Sekolah Sepak Bola (SSB) Bina Taruna untuk melakukan pemusatan latihan kedua.

Zico dipanggil setelah timnas Indonesia U-16 mendapat hasil kurang memuaskan di Piala AFF U-15, Juli lalu. Fakhri Husaini tertarik mengajaknya bergabung karena Zico merupakan pemain penuh prestasi.

Bersama SSB Bina Taruna, Zico menjadi juara Liga Kompas Gramedia U-14 pada 2016/17. Remaja lulusan SMPN 1 Gunung Putri ini juga pernah membela Indonesia U-15 di ajang Piala Gothia di Swedia, Juli lalu. Dia merupakan kapten tim.

Tak hanya itu, Zico juga pernah menjadi kapten saat membela Chelsea Soccer School Singapura 2014. Dia bisa masuk SSB Chelsea itu setelah terpilih dalam program Predator Hund, yang dilakukan oleh Adidas.

Pria kelahiran 22 April 2002 itu terpilih bersama 24 pemain Indonesia lainnya. Dia juga pernah bermain di Danone Nations Cup 2014 Brasil dan turnamen FC Bayern Youth Cup di Jerman, tahun ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Dikira Pemain Singapura

Warganet sempat mengira Zico merupakan pemain timnas Singapura. Hal ini terjadi karena Zico mengunggah foto di Instagram pribadinya tengah mengenakan jaket yang ada bendera Singapura.

"Halo, kamu orang Indonesia apa Singapura?" tanya pemilik akun @gungerikwiranata.

Zico mengenakan jaket Singapura karena dia bermain untuk tim Chelsea Singapura dan sekolah di sana. Zico merupakan remaja kelahiran Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

3 dari 4 halaman

Biodata Zico

Nama Lengkap :Sutan Diego Armando Zico
Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 7 April 2002
Posisi : striker
Nomor punggung : 9
Pemain idola : Robert Lewandowski
Klub :
Chelsea Soccer School (2014)
SSB Bina Taruna
Instagram : sutandiegozico

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Duel Bintang Timnas Myanmar U-19 Vs Timnas U-19 Indonesia
Artikel Selanjutnya
Mantan Asisten Riedl Yakin Timnas Indonesia U-19 Juara AFF