Sukses

Barcelona Salah Beli Dembele?

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona harus kehilangan Ousmane Dembele selama tiga hingga empat bulan. Itu terjadi setelah Dembele alami cedera di menit ke-25 kala Barcelona menghadapi Getafe akhir pekan lalu.

Ini jelas sebuah kehilangan besar bagi Barcelona. Setelah membelinya dengan transfer 105 juta euro dari Borussia Dortmund, Barcelona tak menyangka bakal kehilangan Dembele dengan cepat.

Apakah Barcelona sudah salah beli Dembele? Barcelona teledor tak mengecek kondisi fisik Dembele sebelum membelinya? Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde tidak mau menyalahkan siapa pun.

Namun dia menegaskan, cedera yang dialami winger asal Prancis itu menunjukkan jika Dembele bukan pemain berpengalaman. Namun bukan pengalaman bermain yang dimaksudnya, tapi berpengalaman dalam hal cedera serupa.

Dembele saat ini sudah terbang ke Finlandia. Dia akan jalani operasi oleh dokter Sakari Orava di otot tendon kakinya. Banyak versi yang menyebutkan penyebab cedera Dembele. Sebuah tayangan video memperlihatkan Dembele tampak kesakitan di sesi latihan.

4. Ousmane Dembele (Barcelona) – Tampil gemilang bersama Borussia Dortmund membuat Barcelona tertarik mendatangkannya. Keraguan publik Catalan kepada Pria 20 tahun ini akan memotivasinya untuk meraih gelar liga Champions. (AP/Francisco Seco)

Meski begitu, Valverde ogah memperhatikan beragam versi soal cederanya Dembele. Bagi dia, cedera ini disebabkan oleh kesalahan Dembele sendiri yang belum pernah alami cedera tendon.

"Dia pemain yang tak pernah bermasalah dengan otot di masa lalu. Jadi mungkin dia tak punya pengalaman untuk mengetahui lebih awal masalah sebelum memburuk," kata eks pelatih Athletic Bilbao seperti dikutip espn.

"Karena dia pemain cepat, pergerakannya itu yang membuat ototnya memburuk. Pemain lebih berpengalaman akan menghindari pergerakan itu karena sudah tahu," ucap pelatih Barcelona tersebut, menambahkan.

1 dari 3 halaman

Penampilan Ketiga

Lawan Getafe menjadi penampilan ketiga Dembele bersama Barcelona. Sejauh ini, dia baru memberi satu assist saja di pertandingan La Liga melawan Espanyol.

Sulit berharap banyak untuk kepulihan Dembele dalam waktu dekat. Barcelona kemungkinan baru bisa memainkannya kembali usai tahun baru nanti.

Padahal, sederet pertandingan berat sudah menunggu Barcelona. Tak hanya di La Liga, tapi juga Liga Champions dan Piala Raja. Belum lagi laga El Clasico yang tentunya sangat disayangkan harus dilewatkan.

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu tidak mau risau dengan cedera Dembele. Dia yakin Barcelona bisa lewati rintangan tanpa penyerang berusia 20 tahun itu.

"Januari dan Februari itu di mana laga-laga penting akan digelar. Dia akan kembali saat kami butuhkan dia. Saya sudah bicara dengan dia. Dia risau, tapi itu normal," ucap Bartomeu.

Dembele memang menjadi pemain termahal di Barcelona musim ini. Meski begitu, Barcelona bisa mengemat sampai 10 juta euro dengan absennya Dembele.

Sesuai dengan klausul kontraknya, Dembele bakal mendapatkan bonus 10 juta euro per tahun jika tampil 50 kali dalam semusim. Melihat cedera yang dialaminya, Dembele kemungkinan hanya tampil setengah musim saja dengan Barcelona.

2 dari 3 halaman

Pemain Pengganti

Barcelona dengan demikian harus menetapkan pemain pengganti selama Dembele cedera. Untuk masalah ini, Valverde sepertinya tak akan terlalu bingung.

Saat ini, dia punya Gerard Deulofeu yang memang sudah dimainkan sebagai starter beberapa kali. Eks AC Milan ini juga beberapa kali membuat assist penting untuk Barcelona.

"Ada beberapa pemain yang bisa main di posisinya. Kami punya Deulofeu, Aleix Vidal, Denis Suarez dan Andre Gomes. Ada juga pemain Barcelona B. Kami akan terus mencari pemain alternatif," ujar Valverde.

Tak hanya empat pemain itu, Barcelona juga masih punya Arda Turan. Pemain asal Turki yang gagal gabung Galatasaray itu diakui Valverde bisa jadi alternatif.

"Keputusan untuk memainkan satu pemain atau tidak bergantung kepada penampilan di latihan dan pertandingan. Itu juga berlaku untuk Turan," ucapnya.

Artikel Selanjutnya
Kasus Dembele-Coutinho, Liverpool Bukan Dortmund
Artikel Selanjutnya
Neymar Senilai 222 Juta Euro, Hazard: Harga Saya 300 Juta Euro