Sukses

Inilah 4 Lawan Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 menatap kualifikasi Piala Asia U-19 setelah turun di Piala AFF U-18. Partai penyisihan berlangsung mulai dari 31 Oktober hingga 8 November 2017.

Timnas Indonesia U-19 berstatus sebagai tuan rumah putaran final Piala Asia U-19. Oleh karenanya, apapun hasil di fase grup, tim asuhan Indra Sjafri bisa dipastikan akan tetap berlaga di putaran final.

Ada 10 grup dengan masing-masing lima tim di setiap grupnya. Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup F bersama Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste, dan Brunei Darussalam.

Bagi timnas, Piala Asia U-19 adalah batu loncatan untuk menuju Piala Dunia U-20. Pada perhelatan tahun 2014, tim yang kala itu diperkuat Evan Dimas, Muhammad Hargianto, dan Ravi Murdianto, hanya bertahan hingga grup.

Indra Sjafri pun bertekad melampaui prestasi tersebut dengan skuat saat ini. Meskipun pada Piala AFF U-18, Indra gagal mengulang prestasi juara, seperti yang ia raih bersama Evan Dimas dan kawan-kawan pada 2013.

"Kalau penilaian mana yang baik, ukurannya prestasi. Kalau memang zaman Evan Dimas lolos Piala Asia dan juara AFF, kita harus melebihi atau menyamai, itu ukurannya," kata Indra Sjafri.

Babak kualifikasi Piala Asia U-19 baru akan berlangsung bulan depan. Namun tiada salahnya mengenal calon-calon lawan Timnas Indonesia  U-19 di fase kualifikasi tersebut.

1 dari 5 halaman

1. Korea Selatan

Bagi Indra Sjafri, Korea Selatan bukanlah tim asing. Ia pernah membawa Evan Dimas dan kawan-kawan mengalahkan tim Negeri Ginseng 3-2 di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pada laga tersebut, Timnas Indonesia U-19 menang berkat hattrick Evan Dimas. Kemenangan itu membuat Indonesia lolos ke Piala Asia U-19 2014 dengan status juara grup, sementara Korea Selatan runner-up.

Korea Selatan adalah tim kuat di ajang Piala Asia U-19. Bagaimana tidak, mereka merupakan tim dengan koleksi gelar juara terbanyak (12 ). Status tersebut membuat mereka diunggulkan untuk lolos ke Piala Asia U-19 dengan predikat juara grup.

Pelatih Kepala: Jeong Jeongyong

Prestasi di Piala Asia U-19: Juara 12 kali

2 dari 5 halaman

2. Malaysia

Timnas Indonesia U-19 berkesempatan menjajal Malaysia U-19 di babak kualifikasi ini. Rivalitas yang mengakar antara kedua tim pastinya bakal membuat laga berlangsung sengit.

Kedua tim sebetulnya hampir saja bertemu di Piala AFF U-18. Namun pertemuan itu urung terlaksana karena Indonesia ternyata lolos sebagai juara grup B dan harus bertemu Thailand di semifinal.

Thailand dan Malaysia bertarung pada final Piala AFF U-18 2017. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Kendati demikian, pelatih Malaysia U-19, Bojan Hodak sempat memuji penampilan Egy Maulana dan kawan-kawan. Ia menyebut permainan Indonesia enak ditonton.

Timnas Malaysia U-19 sendiri harus mengakhiri Piala AFF U-18 di posisi runner-up. Di partai final, mereka kalah dari Thailand.

Pelatih Kepala: Bojan Hodak

Prestasi di Piala Asia U-19: -

3 dari 5 halaman

3. Timor Leste

Timor Leste belakangan kerap berjumpa dengan timnas Indonesia. Keduanya bertemu pada SEA Games 2017.

Indonesia dan Timor Leste juga bersua pada kualifikasi Piala Asia U-16. Kedua laga ini berakhir dengan kemenangan bagi timnas.

Timnas Timor Leste U-19. (Asean Football)

Melihat hasil tersebut, tim asuhan Indra Sjafri rasanya bakal bisa kembali meraih kemenangan. Namun Timor Leste tetap berpotensi menyulitkan timnas Indonesia U-19.

Pada Piala AFF U-18, Timor Leste secara mengejutkan mengalahkan Singapura. Tidak tanggung-tanggung, Timor Leste menang 3-1 atas tim Negeri Singa.

Pelatih Kepala: Joao Araujo

Prestasi di Piala Asia U-19: -

4 dari 5 halaman

4. Brunei Darussalam

Pemain Timnas Indonesia U-19 bersalaman dengan pemain Brunei Darussalam pada laga Piala AFF U-18. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Timnas Indonesia U-19 akan 'reuni' dengan Brunei Darussalam pada Kualifikasi Piala Asia U-19. Kedua tim sebelumnya bertemu di Piala AFF U-18 yang baru saja usai.

Dalam laga di Piala AFF U-18, Timnas Indonesia tanpa ampun menggilas Brunei Darussalam dengan skor 8-0. Pada pertemuan di Piala Asia U-19 nanti, bukan tidak mungkin skor sama akan berulang.

Jika dibandingkan dengan kompetitor lain di grup F, Brunei memang boleh dibilang yang paling lemah. Timor Leste mungkin jadi satu-satunya tim yang bisa mereka saingi di grup ini.

Pelatih Kepala: Fujiwara Takao

Prestasi di Piala Asia U-19: -

Artikel Selanjutnya
Jadwal Piala AFF U-18, Timnas Indonesia Vs Filipina