Sukses

Selain Messi, 3 Pemain Ini Punya Peran Penting di Barcelona

Lionel Messi sudah mencetak sembilan gol dari lima penampilan bersama Barcelona.

Liputan6.com, Barcelona - Kehilangan Neymar yang hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG) tak membuat Barcelona kehilangan taring. Los Blaugrana --sebutan Barcelona-- malah semakin mengerikan di Liga Spanyol, meski tanpa sosok Neymar.

Bintang tim besutan Ernesto Valverde, Lionel Messi tampil menggila saat Barcelona menang 6-1 atas Eibar di Camp Nou Stadium, Selasa (19/9/2017) atau Rabu dinihari WIB. Dia mencetak empat gol di laga tersebut.

Dengan empat golnya, Messi kembali meneruskan catatan gemilangnya. Saat ini, dia sudah tercatat sebanyak 43 kali mencetak tiga gol lebih untuk Barcelona dan negaranya, Argentina.

Messi mencetak lebih dari tiga gol sebanyak 39 kali bersama Barcelona, 28 di antaranya dilakukan saat tampil di ajang La Liga.

Hingga pekan kelima La Liga, pemain berusia 30 tahun itu sudah mencetak sembilan gol. Messi menunjukkan bahwa kekuatan Barcelona tidak berkurang, meski kehilangan Neymar.



Sebenarnya, selain Messi, ada tiga pemain penting Barcelona hingga pekan kelima La Liga. Siapa saja mereka? Simak di halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ivan Rakitic

Bermain di lini tengah, Ivan Rakitic dituntut menciptakan banyak peluang di pertahanan lawan. Hal itu dijawabnya dengan membuat tujuh peluang, dua di antaranya berhasil menjadi gol untuk Los Blaugrana.

Selain itu, dari lima laga yang dilakoninya bersama Barcelona, Rakitic juga dituntut menjadi penghubung antara pemain belakang dan depan. Dia berhasil melakukannya dengan melepaskan 216 umpan yang mengarah ke pemain depan dan 135 umpan ke pemain bertahan.

Pemain berusia 29 tahun ini juga tak sungkan membantu pertahanan Barcelona. Buktinya, dia berhasil melakukan empat intersep, tiga clearance, dan dua blok untuk menghentikan serangan lawan.

3 dari 4 halaman

Samuel Umtiti

Bukan Gerard Pique, tapi Samuel Umtiti yang menunjukkan kualitas terbaiknya di lini pertahanan Barcelona hingga pekan kelima La Liga. Dia sudah empat kali tampil di lini pertahanan Los Blaugrana.

Sebagai seorang bek tengah, mantan bek Lyon itu melakukan 12 clearance, 11 intersep, dan empat blok untuk mengamankan pertahanan Barcelona.

Umtiti juga menghentikan pergerakan lawan dengan cara menekel. Tercatat, ada empat dari enam tekel berhasil menggagalkan serangan lawan. Bek berusia 23 tahun itu juga memenangkan lima dari tujuh duel udara dengan lawan.

4 dari 4 halaman

Marc-Andre ter Stegen

Ter Stegen tampil cukup gemilang di bawah mistar gawang Los Blaugrana. Dia mencatatkan tiga clean sheet dari lima pertandingan di La Liga.

Gawang Barcelona yang dikawal kiper berpaspor Jerman itu baru kebobolan dua gol. Ter Stegen juga tercatat melakukan tujuh penyelamatan penting di bawah mistar.

Itu artinya, dalam setiap pertandingan, Ter Stegen melakukan 1,4 kali penyelamatan. Kiper berusia 25 tahun itu semakin matang dan belum membuat kesalahan untuk Barcelona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga merupakan sebuah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.

    La Liga