Sukses

Hajar Thailand, Timnas U-16 Selangkah Lagi ke Piala Asia U-16

Liputan6.com, Bangkok - Timnas Indonesia U-16 selangkah lagi ke putaran final Piala Asia U-16. Ini bisa dipastikan setelah Timnas U-16 menang 1-0 atas Thailand di Raja Mangala Stadium, Rabu (20/9/2017) pada babak kualifikasi Piala Asia U-16 Grup G.

Bermain melawan tuan rumah, Timnas U-16 langsung menggebrak. Laga baru berjalan semenit, Garuda Asia sudah memberikan ancaman. Sepakan kaki kanan Rendy Juliansyah usai mengeksekusi tendangan bebas masih melayang tipis di atas mistar gawang Thailand.

Garuda Asia yang tampil menekan berhasil mencetak gol pada menit ke-20. Sontekam Amanar Abdillah usai memanfaatkan kesalahan bek Thailand mengubah skor menjadi 1-0 untuk Timnas U-16.

Dua menit berselang, Thailand hampir saja menyamakan kedudukan. Nattakit Butsing melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, tapi bola hasil sepakannya masih bisa ditepis kiper Garuda Asiam, Ernando Ari.

Pada menit ke-36, Rendy mencoba melepaskan tembakan jarak jauh. Namun akurasi sepakannya masih tidak menemui sasaran.

Menit ke-41, Ernandi Ari melakukan penyelamatan di bawah mistar gawang Timnas U-16. Dia berhasil menangkap sepakan mendatar Nattakit dari dalam kotak penalti. Skor 1-0 untuk Garuda Asia menutup paruh pertama.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

1 dari 3 halaman

Babak Kedua

Unggul 1-0, Timnas U-16 tak mengendurkan serangan. Pada menit ke-55, sundulan M Supriadi hampir saja menjebol gawang Thailand. Sayang, akurasi sundulannya melebar tipis di sebelah kiri gawang Natthawut.

Tiga menit berselang, Thailand mencoba memberikan ancaman. Nattakit Butsing melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, tapi bola hasil sepakannya malah melayang di atas mistar gawang Garuda Asia.

Sutan Zico hampir saja menjebol gawang Thailand pada menit ke-60. Tidak terkawal, bola hasil sepakannya dari dalam kotak penalti malah melayang di atas mistar gawang Thailand.

Amiruddin Bagas membuat pertahanan Thailand kocar-kacir pada menit ke-75. Bek kanan Timnas U-16 itu berhasil melewati tiga pemain Thailand. Tapi sayang, sepakan mendatarnya dari dalam kotak penalti melebar tipis di sebelah kiri gawang Thailand.

Nattakit Butsing kembali mengancam Garuda Asia. Pada menit ke-83, dia melepaskan tembakan voli dari dalam kotak penalti. Tapi, arah bola hasil sepakannya melebar di sebelah kanan gawang Ernando Ari.

Ernando Ari melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-85. Dia menepis bola hasil sepakan Nattakit Butsing. Bola liar membentur mistar gawang Garuda Asia dan langsung dibuang Bagas. Hingga laga berakhir, skor tidak berubah untuk kemenangan Timnas U-16.

Kemenangan ini membuat Timnas U-16 kokoh di puncak klasemen Grup G dengan sembilan poin. Indonesia hanya butuh hasil imbang melawan Laos di laga terakhir untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-16.

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-16: Ernando Ari; Amiruddin Bagas, Ahmad Rusadi, Fadillah Nur Rahman, Yudha Febrian; Andre Oktavianus, David Maulana; Amanar Abdillah, Rendy Juliansyah, M Supriadi; Sutan Zico.

Thailand U-16: Natthawut, Arthit, Chatmongkol, Jakkrapong, Thanarin, Sarawut Saowaros, Khetpara, Thongsri, Thakdanai, Nattakit Butsing