Sukses

Kandang Sriwijaya FC Pakai Rumput Stadion Kelas Dunia

Stadion Gelora Sriwijaya, home base Sriwijaya FC, akan menggunakan rumput Zoysia Matrella.

Liputan6.com, Palembang - Renovasi Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, yang merupakan home base Sriwijaya FC selama ini, sudah dimulai. Bahkan, Laskar Wong Kito sudah tidak berlatih di stadion tersebut. Dijadwalkan, Sriwijaya FC akan memakai Stadion Madya Bumi Sriwijaya hingga akhir musim.

Seperti diketahui, Gelora Sriwijaya wajib direnovasi lantaran bakal menjadi venue utama pertandingan Asian Games XVIII 2018. Kepala Dinas PU Cipta Karya Sumatra Selatan Basyarudin Akhmad mengatakan proses renovasi cukup memakan waktu. Tetapi, pihaknya menargetkan selesai November mendatang.

Sejak Senin (18/9/2017), kontraktor sudah mengeruk rumput dengan eksavator. Bagian dinding yang sebelum sudah dilakukan pengecatan kembali dikerjakan lebih meluas ke tribun utara dan selatan. Sementara di tribun utama dan barat atas sudah dilakukan penyetelan kursi.

"Meski dilakukan renovasi, tidak akan mengubah bentuk aslinya. Memang ada beberapa ruangan dalam tribun yang dibesarkan dan penambahan kursi," ujar Basyarudin Akhmad kepada Liputan6.com, Rabu (20/9/2017).

"Yang paling banyak melakukan perubahan adalah bagian lapangan karena kita akan ganti dengan rumput jenis Zoysia Matrella," tambahnya.

Basyar menambahkan, stadion yang pernah jadi opening closing ceremony SEA Games 2011 itu memang sudah selayaknya diperbarui. Terutama rumput yang kualitasnya sudah tidak layak lagi. Soal alasan dipilihnya rumput jenis Zoysia Matrella, lantaran rumput asal Manila, Filipina, itu memang paling direkomendasikan dan banyak dipakai stadion ternama di dunia.

Bahkan, Stadion Gelora Bung Karno yang kini dalam tahap perampungan renovasi juga memakai rumput yang kerap disebut rumput Manila itu. "Rumput memang akan diganti jenis tersebut lantaran memang rumput Zoysia Matrella direkomendasikan, apalagi banyak stadion kelas dunia seperti Stadion Allianz Arena yang menjadi markas Bayern Munchen juga memakai rumput Manila," pungkasnya. [Indra Pratesta]

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.