Sukses

Prediksi Timnas U-16 Vs Laos: Pastikan Langkah ke Piala Asia

Liputan6.com, Jakarta - Selangkah lagi timnas U-16 Indonesia memastikan langkah ke putaran final Piala Asia U-16 2018 di Malaysia. Namun, Indonesia masih harus menghadapi laga terakhir di Grup G babak kualifikasi melawan Laos, hari ini.

Saat ini, tim berjuluk Garuda Asia itu saat ini berada di puncak klasemen Grup G dengan sembilan poin dari tiga laga. Mereka unggul enam poin dari Thailand, Laos, dan Timor Leste yang baru dua kali bermain.

Meski sudah unggul enam poin, ketiga pesaing yang masih memiliki dua sisa pertandingan masih punya potensi menggeser posisi timnas U-16, terutama karena hanya juara grup yang bisa memastikan lolos langsung ke putaran final.

Namun, kemenangan atas Laos jelas akan memastikan langkah Timnas U-16 lolos langsung ke Malaysia. Pelatih Tim Garuda Asia, Fachri Husaini, pun menegaskan tekad tim asuhannya yang ingin meraih kemenangan meski saat ini para pemain tengah didera kelelahan karena padatnya jadwal pertandingan di Bangkok.

"Saat ini bukan masalah taktik, tapi kelelahan pemain menjadi masalah. Banyak pemain kami yang kelelahan karena padatnya jadwal pertandingan. Namun, sejauh ini kondisi pemain tetap bagus. Kami akan berlatih memulihkan kebugaran fisik dan stamina dalam sesi latihan di hotel," ujar Fachri Husaini.

Rotasi pemain pun dipersiapkan Fachri Husaini. Namun, dengan tetap waspada terhadap ancaman Laos yang pernah mengalahkan timnas U-16 di Piala AFF U-15 2017 pada Juli silam. "Penyesuaian taktik saja akan kami lakukan. Kami tidak akan banyak mengubah komposisi pemain. Kami tak boleh menganggap remeh Laos," ujar Fachri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berharap Dukungan

Sementara itu, Amanar Abdillah, pencetak gol penentu kemenangan dalam laga kontra Thailand, mengaku baru mengetahui permainan Laos saat turnamen kualifikasi ini berlangsung karena sang pemain tak ikut dalam Piala AFF U-15 2017.

Tak bisa banyak bicara soal bagaimana kekuatan lawan, ia hanya berharap mendapatkan dukungan besar dari suporter Indonesia sebagai motivasi untuk meraih kemenangan dan membuat kiprah Timnas Indonesia U-16 di turnamen kualifikasi ini menjadi sempurna.

"Saya baru melihat permainan Laos secara langsung ketika sudah berada di sini. Selain itu hanya di televisi saat teman-teman saya berjuang di Piala AFF. Saya sekarang hanya berharap permainan kami mendapatkan dukungan penuh suporter yang datang ke stadion seperti ketika menghadapi Thailand," ujar Amanar.

Sementara itu, pelatih timnas Laos, Kanlaya Sysomvang, mengungkapkan bahwa kemenangan besar 10-0 atas Kepulauan Mariana Utara menjadi modal penting untuk menghadapi timnas U-16. Kemenangan pun menjadi target besar Laos saat menghadapi tim asuhan Fachri Husaini itu.

"Kami gembira berhasil meraih kemenangan besar atas Kepulauan Mariana Utara. Untuk pertandingan menghadapi Indonesia, kami harus mempersiapkan segala rencana dengan baik dan segalanya bisa terjadi dalam sepak bola. Kami berharap bisa memenangi pertandingan ini," ujar Sysomvang.

3 dari 3 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

Laos (3-5-2): Dim Phoutthavong; Songkan Sichanthavong, Hatsachanh Phonephavanh, Anoulack Vannalath; Phonesavanh Keomanyvong, Ananthana Chanthamaly, Sisouphonh Ackhavong, Phoutthalak Thongsanith, Soubanh Keopheth; Akkhom Thoranin, Chony Wenpaserth.

Pelatih: Kanlaya Sysomvang.

Indonesia (4-3-3): Ernando Sutaryadi; Amiruddin Bagas, Ahmad Rusadi, Fadilah Rahman; David Maulana, Mochamad Supriadi, Hamsa Lestaluhu; Amiruddin Bagus, Rendy Juliansyah, Sutan Zico.

Pelatih: Fachri Husaini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.