Sukses

Presiden Napoli Minta Serie A Kurangi Jumlah Peserta

Serie A saat ini diikuti oleh 20 klub.

Liputan6.com, Naples - Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis punya usul menarik terkait Serie A. Dia ingin kompetisi tersebut diubah formatnya agar lebih menjual.

Serie A telah beberapa kali mengubah jumlah pesertanya. Mulai dari 16 klub hingga terakhir kali pada musim 2003/04, Serie A diikuit 20 klub.

Dan menurut De Laurentiis jumlah klub yang ada sekarang sudah tidak ideal. Sehingga selain kurang kompetitif, Serie A pun kalah pamor ketimbang Liga Inggris atau La Liga.

"Sepak bola Italia sekarang dipimpin oleh orang yang punya mentalitas 20-30 tahun ke belakang. Pada 1986, Serie A hanya punya 16 klub, dan saya bahagia melihatnya," kata De Laurentiis seperti dilansir Football Italia.

"Saya sudah berbicara dengan Presiden FIGC, Carlo Tavecchio soal hal ini. Bahwa jumlah klub yang terlalu banyak tidak bagus untuk semua," ujarnya menambahkan.

Meski demikian De Laurentiis pesimistis usulannya diterima. Padahal ia yakin jumlah peserta yang berkurang bisa mengubah persaingan bisnis di sepak bola dunia.



"La Liga punya pendapatan hak siar sebesar 700 juta euro dari seluruh dunia, sedangkan Italia hanya 300-400 juta euro. Padahal Serie A punya klub besar yang lebih banyak," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.