Sukses

5 Kandidat Juara Liga Champions 2017/18

Liputan6.com, Jakarta - Liga Champions 2017/18 telah memasuki babak penyisihan. Sebanyak 32 tim yang terbagi dalam delapan grup bersaing pada fase ini.

Juara Liga Champions musim lalu, Real Madrid, tergabung di Grup H bersama Tottenham Hotspur, Borussia Dortmund, serta APOEL. Grup ini boleh dibilang salah satu grup neraka.

Sementara itu, finalis musim lalu, Juventus, satu grup dengan Barcelona, Sporting CP, dan Olympiakos di Grup D. Dalam tiga musim terakhir, Juventus selalu finis sebagai finalis.

Pada 2015, wakil Italia itu dikalahkan Barcelona 1-3 di laga final. Dua musim kemudian, Juventus kembali ke partai puncak. Kali ini, Real Madrid yang memupus ambisi klub berjuluk Si Nyonya Tua itu dengan kemenangan 4-1.

Wajar, jika Juventus kembali masuk dalam kandidat pemenang Liga Champions musim ini bersama Real Madrid. Selain kedua tim tersebut, ada tiga tim lainnya yang prediksi akan memenangkan trofi bergengsi tersebut.

Berikut 5 kandidat juara Liga Champions 2017/18 seperti dikutipn dari Sportskeeda:

1 dari 6 halaman

5. Juventus

Juventus satu-satunya wakil dari Liga Serie A Italia yang punya peluang realistis untuk memenangkan Liga Champions musim ini. Klub berjuluk Si Nyonya Tua itu terakhir juara pada 1996.

Namun, dalam tiga musim terakhir, klub berjuluk Si Nyonya Tua itu finis sebagai finalis. Pada 2015, Juventus takluk 1-3 dari Barcelona. Sementara musim lalu, giliran Real Madrid yang memupus ambisi Juventus dengan skor 4-1.

Namun, tidak akan mudah bagi Juventus untuk memenangkan trofi bergengsi tersebut. Pasalnya, skuat racikan Massimiliano Allegri berada di Grup D bersama Barcelona di babak penyishan.

Meski demikian, Juventus masih berpeluang lolos ke babak 16 besar sebagai runner up grup. Dengan catatan, mereka dapat mengalahkan Olympiankos dan Sporting CP, dua rival lainnya di Grup D.

2 dari 6 halaman

4. Paris Saint-Germain

Tidak ada yang mengira jika Paris Saint-Germain akan menjadi kandidat potensial untuk memenangkan trofi Liga Champions musim in. Sebab, pencapaian PSG di kompetisi elit Eropa itu adalah semifinal pada musim 1994-1995.

Setelah itu, prestasi terbaik PSG cuma mencapai perempat final. Musim lalu, pasukan Unai Emery hanya mencapai babak 16 besar. Menang 4-0 di leg pertama, PSG menyerah 1-6 dari Barcelona pada leg kedua.

Penasaran dengan Liga Champions, pemilik PSG Nasser Al-Khelaifi memutuskan membeli Neymar dari Barcelona pada musim panas 2017 dengan harga 222 juta euro, menjadi rekor transfer dunia. Setelah Neymar, PSG juga memboyong Kylian Mbappe dari AS Monaco dengan status pinjaman.

Dengan tambahan Neymar dan Mbappe, skuat PSG dinilai lebih kuat dibandingkan musim lalu. Wajar, jika wakil Prancis ini masuk dalam kandidat.

3 dari 6 halaman

3. Bayern Munchen

Tak peduli seberapa buruknya penampilan Bayern Munchen di laga terakhir atau dilanda cedera pemain, tetap tidak ada tim di dunia ini yang ingin menghadapi raksasa Bundesliga itu di Allianz Arena.

Munchen terakihr kali memenangkan Liga Champions pada 2013 lalu. Mereka telah memenangkan lima gelar Eropa sejauh ini.

Di bawah sentuhan Carlo Ancelotti, Munchen mencoba mengembalikan kejayaan mereka di kompetisi Eropa. Musim lalu, wakil Jerman ini terhenti di perempat final setelah disingkirkan Real Madrid, yang keluar menjadi juara.

Di babak penyisihan, Munchen tergabung di Grup B bersama Paris Saint-Germain, Celtic, dan Anderlecht. Dipastikan, Philipp Lahm dan kawan-kawan akan bersaing dengan PSG untuk menjadi juara grup.

4 dari 6 halaman

2. Barcelona

Semua orang memperkirakan Barcelona akan memiliki musim yang buruk menyusul kekalahan 1-5 dari Real Madrid pada Piala Super Spanyol 2017. Ditambah lagi, klub Catalan ini ditinggal Neymar yang hengkang ke Barcelona.

Tetapi, Lionel Messi dan kawan-kawan membuktikan bahwa prediksi itu salah. Di Liga Spanyol, Barcelona menyapu bersih lima laga pertama dengan kemenangan.

Barcelona seolah membuktikan mereka tidak terpengaruh sama sekali dengan kepergian Neymar. Lini tengah Blaugrana sudah terlihat sulit. Paulinho yang baru bergabung pada musim panas ini ternyata cepat beradaptasi.

Barcelona memulai Liga Champions dengan kemenangan telak 3-0 atas Juventus pada laga perdana Grup D di Camp Nou. Ini seolah memberi sinyal bahwa pasukan Ernesto Valverde sebagai kandidat kuat juara. Blaugrana telah memenangkan lima trofi Liga Champions, dengan gelar terakhir pada 2015 lalu.

5 dari 6 halaman

1. Real Madrid

Kandidat kuat untuk memenangkan trofi Liga Champions musim ini adalah Real Madrid. Los Blancos merupakan pemenang rekor klub yang paling banyak memenangkan trofi kompetisi bergengsi tersebut, yakni 12.

Tak hanya itu, Real Madrid menjadi satu-satu tim yang memenangkan trofi Liga Champions dua musim berturut-turut, yaitu 2016 dan 2017. Pasukan Zinedine Zidane diprediksi akan memenangkan kembali trofi tersebut pada musim ini.

Real Madrid memang kehilangan Alvaro Morata yang pindah ke Chelsea dan James Rodriguez hengkang ke Bayern Munchen. Tapi, Los Blancos telah mendatangkan talenta muda terbaik di dunia, seperti Theo Hernandez dan Dani Ceballos.

Selain itu, lini tengah Real Madrid juga bermaterikan pemain-pemain hebat. Selain Toni Kroos dan Luka Modric, masih ada Marco Asensio serta Isco.

Artikel Selanjutnya
Ferguson: Juventus Ancaman Utama bagi Real Madrid
Artikel Selanjutnya
Real Madrid Berambisi Juara Grup H Liga Champions