Sukses

Karnaval di HUT ke-55, GBK Perkenalkan Wajah Baru

Nantinya GBK akan menjadi pusat venue perhelatan Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Komplek Olahraga Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta tengah merayakan hari jadinya yang ke-55. Puncak dari rangkaian acara tersebut adalah perhelatan Karnaval yang dihadiri berbagai komunitas.

GBK saat ini sedang dalam proses renovasi. Itu karena mereka akan menjadi salah satu venue perhelatan Asian Games 2018. Meski begitu, GBK tetap mempertahankan komitmennya untuk melayani berbagai kegiatan masyarakat.

Karena bertepatan dengan HUT ke-55, GBK pun melangsungkan acara meriah. Mulai dari lomba olahraga internal yang diikuti seluruh pegawai PPKGBK, pertandingan sepak bola persahabatan dengan para awak media, hingga ajang lari yang bertajuk MI55ION Run.

Sebagai acara puncak, GBK pun menggelar karnaval di depan pintu 1. Acara karnaval itu sendiri dimulai pukul 07:30 WIB, Minggu (24/9/2017). Dalam acara tersebut, berbagai macam komunitas pun memamerkan pakaian daerah, cosplay, hingga keahlian unik.

Aksi sejumlah pria memainkan bola saat melakukan karnaval di jalan Pintu 1 Senayan, Jakarta, Minggu (24/9). Karnaval tersebut dilakukan dalam rangka HUT Gelora Bungkarno yang ke-55. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

"Kami ingin masyarakat mengetahui wajah baru GBK. Dan kami ingin menyatukan berbagai macam kegiatan mulai dari olahraga, seni, budaya, dan teknologi. Total ada 38 komunitas dengan jumlah peserta 3.000 orang," kata Desiana Intansari, ketua panitia penyelenggara (panpel) HUT ke-55 GBK.

Komunitas yang paling jelas terlihat dalam karnaval itu adalah yang mengenakan pakaian betawi. Sanggar dan beberapa padepokan silat ikut meramaikan hajat yang baru pertama kali diadakan tersebut.

Panpel juga menyediakan apresiasi bagi para peserta yang menampilkan kreasi paling unik. Tak tanggung-tanggung, total hadiah yang mereka persiapan mencapai Rp 60 juta.

Sejumlah wanita menampilkan tarian daerah saat melakukan karnaval di jalan Pintu 1 Senayan, Jakarta, Minggu (24/9). Karnaval tersebut dilakukan dalam rangka HUT Gelora Bungkarno yang ke-55. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

"Antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Ini sudah melebihi ekspektasi. Padahal acara seperti ini baru pertama kali digelar. Mudah-mudahan ini menjadi acara rutin setiap tahun," lanjut Desiana.

Untuk rute karvanal itu sendiri mengarah ke Semanggi dan memutar di seberang BEJ, lalu menuju Bundaran Senayan dan berbelok ke titik finis yang juga di Pintu Satu Senayan. Tak hanya pakaian, berbagai karya seni dan budaya juga ikut diperlihatkan.

"Rangkaian HUT ke-55 ini merupakan implementasi komitmen bahwa GBK akan selalu mendukung kegiatan multievent olahraga, seni, budaya, dan teknologi yang dapat diakomodir di kawasan GBK," jelas Direktur Utama PPKGBK, Winarto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini