Sukses

Ronaldo 2 Gol, Real Madrid Hapus Kutukan di Markas Dortmund

Real Madrid sebelum tak pernah menang di kandang Dortmund.

Liputan6.com, Dortmu Cristiano Ronaldo mencetak dua gol dalam kemenangan 3-1 Real Madrid atas tuan rumah Borussia Dortmund dalam lanjutan Liga Champions di Signal Iduna Park, Rabu (27/9/2017) dini hari WIB. Satu gol Los Blancos lainnya dicetak Gareth Bale.

Ini juga menghapus kutukan Real Madrid tidak pernah menang di kandang Dortmund dalam lima pertemuan terakhir. Dortmund lebih dulu mengambil inisiatif serangan ketika kick off dibunyikan. Tapi Real Madrid tidak tinggal diam dan mencoba balas menekan.

Serangan tim asuhan Zinedine Zidane mulai mengancam pertahanan tuan rumah, tepatnya pada menit ke-10, tapi belum tercipta gol. Dortmund punya kans pada menit ke-14, tapi sontekan Maximilian Philipp dapat dihalau Sergio Ramos, bola nyaris masuk ke gawang Real Madrid.

Los Blancos memimpin 1-0 ketika tembakan first time Gareth Bale menghujam gawang Die Borussen, yang dikawal Roman Burki. Bale menyambut umpan silang Dani Carvajal. Dortmund berupaya membalas, namun penampilan barisan belakang Real Madrid solid.

Pada menit ke-23 Bale kembali dapat peluang, tapi sepakannya memanfaatkan umpan Luka Modric bisa diamankan Burki. Serangan demi serangan yang dilancarkan tim asuhan Peter Bosz patah di barisan belakang klub ibu kota Spanyol tersebut.

Real Madrid juga masih menekan, tapi bek lawan kini lebih disiplin. Hingga turun minum skor belum berubah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Di menit ke-47, Dortmund mengancam gawang Keylor Navas, tapi masih ada Varane, yang membuang bola tandukkan Yarmolenko.

Dua menit kemudian, Los Blancos menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Adalah Ronaldo yang mencatatkan namanya di papan skor sebagai pencetak gol kedua Real Madrid dalam laga ini.

Gol bermula saat Bale dari kiri berlari dan mengirim umpan silang mendatar ke depan gawang, yang disambar sontekan Ronaldo. Dortmund masih belum menyerah dari ketertinggalan.

Pada menit ke-54, tuan rumah memperkecil ketinggalan menjadi 1-2. Castro menusuk ke tengah dari sisi kiri dan mengangkat bola ke mulut gawang Madrid, bola langsung disambut Aubameyang yang mendapat kawalan dari Ramos.

Pada menit ke-67, Die Borussen memiliki kesempatan, Mario Gotze mengangkat bola ke kotak penalti, bola mengarah ke mulut gawang yang langsung disundul Aubameyang, tapi masih bisa ditangkap  Navas. Peluang Madrid pada menit ke-75, Isco mendapat ruang di sayap kiri, dan menusuk ke tengah lalu melepaskan tendangan.

Kiper tuan rumah, Burki tampil menawan. Gol kedua Ronaldo dan ketiga bagi Los Blancos dalam laga ini akhirnya tercipta. Pada menit ke-79, Ronaldo memanfaatkan umpan terobosan Modric dan tembakannya menggetarkan jala gawang Dortmund.

Skor menjadi 1-3. Pada menit ke-81, Dortmund punya kans ketika sundulan Aubameyang bisa ditangkap Navas. Kesempatan lagi untuk Dortmund, namun barisan belakang Real Madrid mengadang.

Dortmund berupaya memperkecil ketinggalan, tapi serangan mereka terus dapat dipatahkan. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, skor 1-3 tidak berubah.

Susunan pemain

Borussia Dortmund: Burki, Piszczek, Sokratis, Omer, Toljan (Dahoud 60), Nuri (Wigl 60), Castro, Goetze (Pulisic 76), Yarmolenko, Philipp, Aubameyang

Real Madrid: Navas, Carvajal, Ramos, Varane, Nacho, Casemiro, Kroos, Modric (Ceballos 90); Isco (Asensio 76), Ronaldo, Bale.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.