Sukses

Geser Bundesliga, Serie A Jadi Liga Terbaik Ketiga Eropa

Serie A naik posisi setelah tiga tim Italia menang pada matchday dua Liga Champions.

Liputan6.com, Nyon - Kesuksesan tim Serie A pada matchday dua Liga Champions 2017/2018 mengangkat harkat Italia. Mereka kembali menjadi menduduki peringkat tiga kompetisi domestik terbaik UEFA.

Serie A menggeser Bundesliga yang menempati urutan tersebut sejak September 2011. Berdasar kalkulasi Football Italia, Serie A kini memiliki koefisien 64.082 poin dengan Bundesliga 63.998.

Liga Inggris berada di urutan dua dengan nilai 66.034. Sedangkan La Liga jauh di puncak lewat angka 92.712

Mereka mendapat angka menyusul kemenangan Juventus (vs Olympiakos), Napoli (vs Feyenoord Rotterdam), dan AS Roma (vs Qarabag). Sebagai perbandingan, wakil Jerman seluruhnya menderita kekalahan. Bayern Munchen (vs Paris Saint-Germain), RB Leipzig (vs Besiktas), dan Borussia Dortmund (vs Real Madrid) menyerah di hadapan lawan masing-masing.

Sempat menjadi kiblat utama pemain terbaik dunia pada era 1990-an, Serie A kehilangan prestise menyusul gemerlap Liga Inggris dan La Liga. Mereka bahkan disalip Bundesliga yang memiliki manajemen baik.

Penurunan posisi tersebut berdampak langsung terhadap partisipasi Italia di kompetisi Eropa. Mereka hanya mendapat dua tiket otomatis ke babak utama Liga Champions, plus satu melalui kualifikasi.

Namun, UEFA memastikan koefisien tidak akan digunakan untuk menentukan jumlah peserta mulai kompetisi musim depan. Spanyol, Inggris, Jerman, dan Italia dipastikan mengirim empat tim di Liga Champions.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.