Sukses

5 Ritual Aneh Sebelum Pertandingan Sepak Bola

Banyak pemain cenderung memakai semua perlengkapannya dari sebelah kanan terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sepak bola, tak jarang para pemain melakukan ritual berbagai macam sebelum berlaga. Ada banyak alasan di balik itu, seperti agama, atau soal spiritual.

Secara tak sadar, banyak pemain yang cenderung memakai semua perlengkapannya dari sebelah kanan terlebih dahulu. Hal ini dianggap membawa keberuntungan.

Namun, berbeda dengan gelandang Chelsea, Cesc Fabregas. Dia selalu mencium sebuah cincin yang diberikan oleh istrinya sebanyak empat kali sebelum masuk ke lapangan.

"Saya mencium cincin ini empat kali, angka keberuntungan saya. Kemudian saya tinggalkan loker dan saya keluar," ujar Fabregas, yang bergabung dari Arsenal, soal alasannya itu.

Nah, ada lima ritual aneh lainnya yang dilakukan pesepak bola sebelum berlaga. Apa saja? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Rooney Makan Coco Pops Sebelum Pertandingan

Alih-alih makan-makanan tradisional seperti ayam atau steak, Wayne Rooney lebih suka makan semangkuk sereal. Favoritnya adalah Coco Pops dan dia menggilai makanan ini.

"Saya cenderung hanya memakan sereal sebelum pertandingan, mungkin semangkuk Coco Pops. Yang normal, bukan the Moons and Stars," ujar Rooney.

Pencetak gol terbanyak Inggris dan Manchester United itu saat ini bermain di Everton. Hal itu menegaskan bahwa dia sama sekali tidak percaya soal takhayul dan tidak memiliki ritual lainnya.

3 dari 6 halaman

4. John Terry dan Berbagai Ritual

John Terry memiliki serangkaian ritual sebelum berlaga. Mantan kapten Chelsea itu biasa duduk di kursi yang sama di bus setiap waktu.

Dia dan mantan rekan setimnya Chelsea mengaku menggunakan cara yang sama. Bahkan sekarang ia mendengarkan musik yang sama.

John Terry (AP Photo/ Frank Augstein)

"Saya sangat percaya takhayul dan, bagi saya, jika kami memenangkan pertandingan maka saya menambahkannya ke takhayul berikutnya," papar Terry.

John Terry menggunakan bantalan shin yang sama selama 10 tahun terakhir. Dia juga biasa mengetuk kaus kakinya 3 kali.

4 dari 6 halaman

3. Gascoigne Sentuh Penis Ferdinand

Paul Gascoigne lebih dikenal sebagai "Gazza". Dia adalah mantan pemain timnas Inggris dan bagian penting yang mencapai semifinal Piala Dunia 1990.

Paul Gascoigne (AFP/Leon Neal)

Geordie baru-baru ini membuat pernyataan aneh. Ternyata dia biasa menyentuh penis Les Ferdinand sebelum setiap pertandingan internasional.

Pertama kali ketika Gascoigne dilaporkan menyentuh alat kelamin Les Ferdinand, permainannya menggila. Sejak saat itu memegang "Bagian Pribadi" Ferdinand menjadi ritualnya sebelum berlaga.

 

5 dari 6 halaman

2. Baines Lepas Ikatan Tali Sepatunya

Bek kiri Everton dan Inggris memiliki ritual sebelum pertandingan yang sangat tidak biasa. Pemain berusia 32 tahun, sebelum setiap pertandingan melepaskan ikatan tali sepatu yang telah diikatnya di ruang ganti.

Leighton Baines (AFP/Paul Ellis)

Dia mengakui tidak ada alasan khusus untuk itu. Banyak pemain timnas Inggris yang mempertanyakan soal kebiasannnya itu.

Kebiasaan itu bahkan berlanjut hingga kini. Buktinya, dia selalu bisa jadi pilihan utama bersama Everton.

 

6 dari 6 halaman

1. Luis Suarez Cium Tato

Suarez adalah salah satu striker yang paling ditakuti. Namun penyerang Barcelona ini memiliki ritual yang sangat lucu sebelum setiap pertandingan.

Luis Suarez (AP Photo/Manu Fernandez)

Eks striker Liverpool itu sebelum pertandingan mencium tato di pergelangan tangannya yang bertuliskan nama anak-anaknya. Dia juga mengaku mencium tato dalam perayaan golnya.

Suarez dikenal sebagai kepala keluarga yang penuh kasih sayang. Meskipun beberapa kejadian lucu pernah dilakukannya, seperti menggigit Branislav Ivanovic dan Giorgino Chiellini.

(Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Corner

Video Terkini