Sukses

Pembalap Iran Jadi Raja Tanjakan di Etape Tiga ITdBI 2017

Liputan6.com, Banyuwangi - Pembalap Iran, Amir Kolahdouzhagh dari Pishgaman Cycling Team, menjuarai etape ketiga, Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2017, dengan catatan waktu 3 jam 35 menit 7 detik, Jumat (29/9/2017).

Pada etape ITdBI yang menempuh jarak tempuh 116,3 km, Kolahdouzhagh unggul 51 detik dari rekan satu tim, Reza Hosseini. Sedangkan Victor Nuno Corredor (Team Sapura Cycling Malaysia) finis di posisi tiga, dengan Davide Rabellin (Kuwait Cartucho) di urutan empat.

Selama balapan dari TPI Muncar menuju Paltuding Gunung Ijen, etape ketiga diwarnai aksi breakaway sejak awal lomba. Bambang Suryadi (BRCC), Samuel Volkers (CCN), Ali Khademi (Pishgaman), Jay Dutton (ST George), Goh Choon Huat (Terengganu) sempat memimpin lomba dengan gap lebih dari lima menit dengan rombongan besar.

Komposisi pembalap kembali terpecah ketika memasuki tanjakan. Di sini tiga pembalap breakaway pada 30 km menjelang finis. Mereka adalah Jay Dutton (ST George), M. Azman (Sapura), dan Samuel Volkers (CCN) dengan gap lebih dari dua menit.

Para pembalap kembali terurai saat memasuki dua tanjakan paling curam atau 15 km sebelum garis finis. Setelah menaklukkan tanjakan terberat, lima pembalap langsung saling menaklukkan hingga garis akhir. Mereka adalah Kolahdouzhagh, Hosseini, Corredor, Rebellin dan Lois Desriac.

"Di sepuluh km saya masih dalam peleton dengan Rebellin. Baru di lima kilometer terakhir, tinggal kami berdua (Kolahdouzhagh dan Hosseini). Akhirnya saya yang menang," kata Kolahdouzhagh.

Chairman ITdBI, Guntur Priambodo mengakui etape tiga sebagai fase terberat. Dia menilai, kemenangan Kolahdouzhagh sangat wajar karena pembalap Iran dikenal merajai tanjakan.

"Sejak awal, Pishgaman Cycling Team Iran tampil cukup bagus. Dan pada rute tanjakan, pembalapnya membuktikan kapasitanya sebagai raja tanjakan," ujar Guntur.

Artikel Selanjutnya
Sean Gelael Petik Poin Penting di Formula 2 Italia
Artikel Selanjutnya
Tundukkan Bottas, Lewis Hamilton Juara GP Italia