Sukses

Catalunya Merdeka, Barcelona Dapat Tampil di Inggris

Barcelona tidak bisa berkompetisi di La Liga jika Catalunya merdeka dari Spanyol.

Jakarta - Menteri Olahraga Catalunya, Gerard Figueras, meminta Barcelona tidak perlu khawatir jika dilarang tampil di La Liga. Sebab, mereka dapat berkompetisi di Liga Inggris.

"Jika Catalunya merdeka, klub-klub dari wilayah kami, Barcelona, Espanyol, dan Girona dapat menentukan ingin bermain di La Liga, Serie A, Ligue 1, atau Liga Inggris," ujar Figueras.

"Saat ini, di Spanyol terdapat tim dari Andorra. Selain itu, AS Monaco bermain di Ligue 1 dan beberapa klub Wales tampil di Inggris. Menurut saya, UEFA tidak memiliki aturan yang menentang suatu klub bermain di liga yang bukan negaranya," lanjut Figueras.

Barcelona terancam tidak dapat bermain di La Liga jika Catalunya merdeka. Hal itu karena Dewan Legislatif Spanyol tidak mengizinkan kesebelasan negara lain tampil di La Liga, kecuali yang berasal dari Andorra.

Menurut Presiden La Liga, Javier Tebas, Dewan Legislatif Spanyol harus menyetujui permintaan Barcelona untuk dapat bermain di kompetisi tersebut. Namun, hal itu sulit terlaksana karena hubungan pemerintah pusat dengan Catalunya tengah memanas.

Kondisi tersebut karena Pemerintah Spanyol menganggap Wilayah Catalunya melakukan tindakan ilegal dengan menggelar referendum kemerdekaan. Pasalnya, referendum dilakukan tanpa persetujuan pemerintah pusat.

Sumber: Mirror

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.