Sukses

3 Pelatih Tersukses Sepanjang Sejarah Real Madrid

Berikut 3 pelatih tersukses Real Madrid.

Liputan6.com, Jakarta- Zinedine Zidane sukses besar begitu dipercaya menangani Real Madrid sejak 2016. Belum genap dua tahun, pria Prancis ini sudah mempersembahkan tiga trofi penting bagi Los Blancos. 

Penunjukkan Zidane sebagai arsitek Madrid awalnya menguncang cibiran banyak pihak. Pasalnya Zidane minim pengalaman. Madrid menjadi klub profesional pertama yang dilatihnya. Sebelumnya Zidane hanya menangani tim Castilla.

Namun Zidane mampu meruntuhkan semua keraguan tersebut. Eks pemain Juventus itu membawa Real Madrid juara Liga Champions di musim 2015-2016. Padahal saat itu Zidane baru mulai melatih di tengah musim.

Zidane kemudian menorehkan rekor sebagai pelatih pertama yang bisa membawa timnya mempertahankan gelar juara Liga Champions. Tak hanya trofi Liga Champions, di musim 2016-2017, Zidane juga mempersembahkan gelar La Liga.

Walau sukses besar sebagai pelatih di Real Madrid. Zidane masih harus bekerja lebih keras lagi untuk bisa menjadi pelatih tersukses sepanjang masa Real Madrid.

Berikut tiga pelatih paling sukses dalam sejarah Real Madrid:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Jose Villalonga

3. Jose Villalonga

Jose Villalonga memang hanya melatih Madrid selama dua setengah tahun. Namun pencapaiannya sangat luar biasa. Presentase kemenangan Real Madrid dibawah Villalonga mencapai 62,86 persen.

Selama memoles Madrid, Villalonga mampu mempersembahkan dua gelar Piala Champions, dua La Liga dan dua Copa Latina.

Yang lebih hebat, Villalonga tercatat sebagai pelatih termuda sepanjang sejarah yang pernah memenangkan Piala/Liga Champions hingga saat ini.

Villalonga masih berusia 36 tahun dan 184 hari ketika membawa Madrid menjadi raja Eropa di musim 1955-1956.

Di musim terakhirnya bersama Madrid, Villalonga membawa Alfredo Di Stafeno cs meraih treble di musim 1956-1957.

3 dari 4 halaman

2. Vicente Del Bosque

2. Vicente Del Bosque

Del Bosque sukses besar bersama Real Madrid di awal milenium. Selama empat tahun berkuasa di Santiago Bernabeu, Del Bosque mempersembahkan dua trofi Liga Champions, dua La Liga, satu Piala Super Spanyol dan satu Piala Intercontinental.

Salah satu gelar juara La Liga yang dipersembahkan Del Bosque di tahun 2001 sekaligus mengakhiri puasa gelar Madrid di kompetisi domestik selama lima tahun.

Del Bosque menukangi Madrid di era Galacticos. Setiap musimnya Del Bosque ssukses mempersembahkan gelar juara untuk Madrid.

Sayangnya nasib Del Bosque berakhir tragis. Dia dipecat oleh Madrid sehari setelah merebut trofi La Liga 2003. Ini menjadi blunder terbesar presiden Madrid Florentino Perez. Sepeninggal Del Bosque, Madrid puasa gelar bergengsi selama empat musim.

4 dari 4 halaman

1. Miguel Munoz

1. Miguel Munoz

Ini dia pelatih paling sukses dalam sejarah Real Madrid. Miguel Munoz sukses besar pada periode kedua melatih Madrid. Setelah berjaya ketika masih aktif bermain, Munoz sempat dipercaya melatih tim reserve Madrid selama dua bulan di tahun 1959.

Dia kemudian menukangi Plus Ultra sebelum kembali melatih Madrid senior pada 13 April 1960. Di tangan Munoz, Madrid disulap jadi tim luar biasa.

Munoz melatih Madrid selama 5078 hari. Dia memberikan 357 kemenangan dari 604 laga (59,10 persen).

Gelar juara yang dipersembahkan Munoz untuk Madrid sewaktu menjadi pelatih adalah sembilan trofi La Liga, dua Copa del Rey, satu Piala Intercontinental dan dua Piala Champions.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.