Sukses

Kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2018 Digelar di Malaysia

Malaysia akan menggelar Kejuaraan Beregu Asia Bulu tangkis 2018 yang menjadi ajang kualifikasi Final Piala Thomas dan Uber.

Jakarta Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) mengumumkan Negeri Jiran akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Beregu Asia Bulutangkis 2018 di Alor Setar, Kedah, 6-11 Februari. Ajang ini merupakan kualifikasi Final Piala Thomas dan Uber 2018.

"Kami ingin berterima kasih kepada Badminton Asia yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menjadi tuan rumah ajang ini. Sebagai tuan rumah, kami tak mau hanya sekadar menjadi penggembira. Kami harus bermain sebaik mungkin dan lolos kualifikasi," kata Presiden BAM, Datuk Seri Norza Zakaria, seperti dikutip dari New Straits Times, Sabtu (30/9/2017).

Sebanyak empat tim terbaik putra dan putri pada Kejuaraan Beregu Asia Bulutangkis akan lolos otomatis ke Final Piala Thomas dan Uber 2018 di Bangkok, Thailand, 20-27 Mei. Pada edisi perdana Kejuaraan Beregu Asia Bulutangkis di Hyderabad, India, tahun lalu, Malaysia gagal lolos ke babak empat besar. Namun, Negeri Jiran tetap bisa tampil di Final Piala Thomas dan Uber di Kunshan, China, karena memiliki peringkat Asia yang bagus.

BAM berharap, dengan keuntungan menjadi tuan rumah, Malaysia bisa merebut tiket otomatis. Menurut BAM, peluang Malaysia ada di tim putri.

Malaysia meraih medali perak beregu putra dan putri pada SEA Games 2017. Namun, BAM mengklaim kekuatan tim putri mereka lebih merata.

Sementara itu, BAM menyebut, skuat tim putra mereka lemah di sektor tunggal. Malaysia juga sedang mencari andalan baru di sektor ganda putra setelah mereka memutuskan menceraikan peraih perak Olimpiade 2016, Goh V Shem/Tan Wee Kiong.

"Jika melihat performa tim kami pada tahun ini terutama di SEA Games bulan lalu, saya rasa tim putri kami punya kans untuk bersinar. Tim putri kami bermain lebih baik daripada tim putra di SEA Games. Mereka bisa membuat kejutan jika bisa terus memperlihatkan semangat juang yang besar di lapangan," ujar Norza.

Indonesia merupakan juara bertahan Kejuaraan Beregu Asia Bulutangkis. Pada edisi 2016, Indonesia menjadi kampiun setelah menang 3-2 atas Jepang di final.

Saat ini ada tiga negara yang sudah memastikan satu tempat di Final Piala Thomas dan Uber 2018, yaitu Thailand sebagai tuan rumah serta Denmark dan China yang berstatus juara bertahan. Malaysia terakhir kali menjadi juara Piala Thomas pada 1992.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.