Sukses

Prediksi Persiba vs Persib: Taklukkan Keangkeran Batakan!

Liputan6.com, Balikpapan - Persiba Balikpapan mencoba meneruskan magis dari markas anyarnya, Stadion Batakan saat jamu Persib Bandung, Minggu (1/10/2017). Namun, mereka juga wajib waspada lantaran tim tamu bertekad rusak semuanya.

Tim berjuluk Beruang Madu itu memang masih ada di zona degradasi, yakni posisi 17. Namun mereka mendadak mengerikan dalam partai kandangnya.

Semenjak pindah ke Batakan, Persiba langsung mujur. Mereka berhasil meraih dua kemenangan dalam dua laga melawan Gresik United dan Semen Padang. Hal ini jelas ingin mereka lanjutkan saat jamu Persib.

Terlebih faktanya, Beruang Madu tak pernah takluk di kandang saat lawan tim asal Jawa Barat itu. Dari enam kesempatan jadi tuan rumah, mereka meraih tiga kemenangan dan tiga imbang atas sang tamu.

Apalagi, mereka kini punya wajah baru dengan kedatangan para pemain anyar putaran kedua yang cukup membantu. Srdan Lopicic menjadi nama yang wajib digarisbawahi Persib.

Sebab, mantan pemain Arema FC itu sudah terlibat dalam tiga gol Beruang Madu dalam empat pertandingan terakhir. Hal ini bisa menjadi modal bagi Persiba untuk teruskan kesucian Stadion Batakan.

"Saya tekankan ke pemain, kami harus optimistis. Jangan pesimistis. Tatap laga ini secara satu per satu. Siapapun lawannya. Nanti lawan Persib, kami akan berjuang mati-matian. Karena, ini adalah kandang kami, rumah kami. Apa pun itu," ungkap Pelatih Persiba, Haryadi.

1 dari 5 halaman

Persiba Mengesankan di Batakan

Kendati begitu, Persib Bandung tetap menjadi tim mengerikan bagi tuan rumah. Sang tamu membawa misi khusus. Selain ingin rusak rekor Batakan, mereka juga ingin tuntaskan dahaga kemenangan yang sudah dilewati dalam tiga laga beruntun.

Meski tak pernah menang di Balikpapan, Persib punya rekor bagus atas Persiba. Maung Bandung tak terkalahkan dalam lima pertemuan terakhir, bahkan meraih empat kemenangan di antaranya saat lawan Beruang Madu.

Bermain malam hari juga menjadi kesempatan tersendiri bagi Atep Rizal cs. Sebab, tiga hasil imbang kemarin diraih saat bermain sore hari yang dianggap kesialan bagi Persib.

Terlebih kini Persib kembali diperkuat oleh strikernya, Ezechiel N'Douassel. Dia absen saat Maung Bandung ditahan imbang 1-1 oleh Bhayangkara FC akibat akumulasi kartu.Kapten Timnas Chad itu terbilang sangat penting sejak datang pada putaran kedua. Buktinya, dalam empat laga terakhir perkuat Persib, dia terlibat dalam tujuh gol tim dengan kemas tiga gol dan empat assist.

"Ezechiel sudah tak masalah dan tampil lagi lawan Persiba. Ezechiel Insya Allah dia mampu memberikan yang terbaik untuk Persib. Diharapkan performanya meningkat, karena kemarin kan tak bermain. Mudah-mudahan ketika lawan Persiba dia bisa memberikan yang terbaik untuk Persib," ujar Asisten Pelatih Persib, Herrie Setyawan.

2 dari 5 halaman

Fakta Pertandingan

- Rekor Persib dalam laga tandang tak terlalu bagus. Mereka cuma meraih dua kemenangan, empat imbang, dan enam kekalahan. -

- Persiba sendiri sama, tak terlalu bagus dalam laga kandang. Mereka baru berhasil lima kali menang, dua imbang dan lima kalah, meski harus digarisbawahi adalah Persiba awal-awal sempat bermarkas di Stadion Gajayana.

- Stadion Batakan beri magis buat Persiba. Dalam dua laga di sana, Persiba menyapu bersihnya dengan kemenangan.

- Persiba rata-rata mencetak gol pertama menit 41 di kandang. Sedangkan Persib harus menunggu 58 menit rata-rata untuk cetak gol pertama tandang.

- Dari 16 pertemuan Persiba lawan Persib, tim tamu sedikit unggul. Persib meraih delapan kemenangan sedang lima milik Persiba, dan tiga lainnya berakhir imbang.

3 dari 5 halaman

Head to head

Head to Head  

11/06/2017 Persib 1-0 Persiba

01/10/2016 Persib 2-1 Persiba

21/05/2016 Persiba 1-1 Persib

30/07/2013 Persiba 1-1 Persib

07/04/2013 Persib 1-0 Persiba

Lima Laga Terakhir Persiba

25/09/2017 Borneo FC 1 – 0 Persiba

21/09/2017 Persiba 1 – 0 Semen Padang FC

17/09/2017 Persipura 4 – 2 Persiba

09/09/2017 Persiba 3 – 0 Gresik United

29/08/2017 Sriwijaya FC 1 – 0 Persiba

Lima Laga Terakhir Persib

24/09/2017 Persib 1 – 1 Bhayangkara FC

21/09/2017 Persib 0 – 0 Bali United

09/09/2017 Persib Bndung 2 – 2 Semen Padang FC

04/09/2017 Sriwijaya FC 1 – 4 Persib

28/08/2017 Persipura 0 – 0 Persib

4 dari 5 halaman

Prediksi Starter

Prakiraan Susunan Pemain:

Persiba: Dian Agus Prasetyo; Junior Lopes, Fengky Turnando, Absor Fauzi, Oky Derry, Bryan, Gideon Way, Hendra Sandi, Marlon, Srdan Lopicic, Anmar Almubaraki.

Persib: M Natsir; Supardi, Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Tony Sucipto; Dedi Kusnandar, Kim Kurniawan, Michael Essien; Shohei Matsunaga, Febri Hariyadi; Ezechiel N’Douassel. (Eka Setiawan)

Artikel Selanjutnya
Jadwal Laga Internasional Pekan Ini
Artikel Selanjutnya
Jadwal Liga 1, Siaran Langsung 27 Agustus 2017