Sukses

Hasil Lengkap IBL Draft 2017

Aspac menjadi satu-satunya tim yang memakai dua pemain asing yang sudah pernah berlaga di IBL.

Liputan6.com, Jakarta Dua bulan jelang bergulirnya kompetisi basket tertinggi di tanah air, Indonesia Basketball League (IBL) mengadakan draft untuk memilih pemain asing, Senin (2/10/2017). Beberapa klub mengambil. keputusan mengejutkan.

Setiap klub IBL berhak memilih dua pemain asing. Masing-masing klub diperbolehkan mempertahankan minimal satu pemain asing yang dipakai musim lalu.

Hanya Aspac Jakarta dan Pacific Caesar Surabaya yang mengambil opsi tersebut. Aspac kembali memakai Dominique Nelson Williams, sedangkan Pacific mempertahankan David Seagers.

"Harus diakui kehadiran oemain asing membuat kompetisi semakin sengit, pertandingan berkualitas dan menarik. perhatian pecinta basket. Hal ini berdampak pula pada peningkatan kualitas pemain lokal," ujar commissioner IBL, Hasan Gozali.

Sesuai peraturan, lima klub yang tak lolos playoff musim lalu berhak mendapat kesempatan memilih di urutan pertama pada IBL Draft 2017. Setelah dilakukan pengundian virtual, Satya Wacana mendapat kesempatan pertama.

Satya Wacana memilih mengambil forward DeAngelo Hamilton di urutan pertama. Sedangkan di putaran kedua pilihan Satya Wacana jatuh kepada Madarious Gibbs.

Juara bertahan Pelita Jaya Jakarta membuat kejutan dengan tidak memakai lagi dua pemain asing yang menjadi tulang punggung tim musim lalu, Core White dan Martovious Irving. Sebagai gantinya Pelita Jaya memilih Wayne Bradford dan Merrill Holden.

"Kami sebenarnya masih mau memakai pemain asing musim lalu. Kualitas mereka jelas bagus. Tapi karena harganya naik maka kami memilih pemain yang lain," ujar pelatih Pelita Jaya Johannes Winar.

Setiap klub memang tidak boleh memilih dua pemain dengan total bayaran di atas 4.000 dolar Amerika Serikat. Oleh karena itu klub-klub harus bijak dalam memilih komposisi pemain asing.

Satria Muda yang mendapat hak pilih di urutan terakhir justru bisa mendapatkan pemain yang diidamkan Dior Lowhorn serta Kevin Bridgewaters.

Yang menarik klub-klub IBL jarang yang mau memakai pemain asing yang tampil di musim lalu. Praktis cuma tiga pemain asing musim lalu yang akan kembali berlaga di IBL 2017. Selain Dominique dan Seagers, ada Nate Barfield yamg diambol Aspac di putaran kedua.

Praktis Aspac menjadi satu-satunya tim yang memakai dua pemain asing yang sudah pernah berlaga di IBL. Barfield musim lalu membela

"Kami sengaja pilih yang kualitasnya sudah ketahuan. Kami belajar dari pengalaman musim lalu, tidak mau beli kucing dalam karung," ujar manajer Aspac Gagan Rachmad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Lengkap IBL Draft 2017

Hasil Lengkap IBL Draft 2017 :

Satya Wacana

- DeAngelo Hamilton

- Madarious Gibbs

Bima Perkasa

- Emilio Parks

- Anthony McDonalds

Hang Tuah

- Nashon George

- Keenan Palmore

NSH

- Dominic Woodson

- Brachon Griffins

Siliwangi

- Anthony Jones

- Willie Kemp

Garuda

- Rodrick Flemings

- Ashton Gibbs

Pacific

- Kavon Lytch

- David Seagers

Aspac

- Dominique Williams

- Nate Barfield

Pelita Jaya

- Wayne Bradford

- Merrill Holden

Satria Muda

- Kevin Bridgewaters

- Dior Lowhorns

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.