Sukses

Pemain Barcelona Siap Gabung Aksi Mogok di Catalonia

Liputan6.com, Barcelona - Klub-klub yang berkompetisi di Liga Spanyol, seperti Barcelona, Espanyol, dan Girona memutuskan untuk bergabung dalam aksi pemogokan di Catalonia, pada Selasa (3/10/2017).

Aksi mogok, yang disebut-sebut dilakukan akan lebih dari 40 persatuan dan asosiasi di wilayah tersebut yang berada di bawah organisasi Table for Democracy, dipicu upaya keras kepolisian dalam menghentikan referendum kemerdekaan Catalonia Minggu lalu.

Akibatnya, lebih dari 840 orang memerlukan perawatan medis menyusul bentrokan-bentrokan dengan polisi pada sejumlah kejadian.

Sementara itu, meski banyak pemain dari tim inti Barcelona akan pergi untuk bergabung dengan tim nasional masing-masing menjelang pertandingan internasional, para pemain dan staf klub yang tersisa tidak akan mendatangi pusat latihan.

"FC Barcelona bergabung dengan pemogokan di seantero negeri yang diserukan Table of Democracy, dan oleh karena itu besok klub akan ditutup," cuit Barcelona, Senin 2 Oktober 2017.

"Tidak satu pun tim-tim profesional atau tim-tim junior di FC Barcelona akan berlatih besok di Ciutat Esportiva."

Espanyol dan Girona, yang juga bermarkas di Catalonia, juga telah merilis pernyataan yang mendeklarasikan niat mereka untuk bergabung dengan pemogokan umum.

Meski terjadi aksi protes yang berujung kekerasan aparat kepolisian, Barcelona tetap memainkan pertandingan Liga Spanyol mereka melawan Las Palmas yang dilakukan tanpa kehadiran penonton.

1 dari 2 halaman

Dukung Refrendum Catalonia

Gerard Pique ternyata bukan satu-satunya pemain Barcelona yang terang-terangan mendukung refrendum Catalonia untuk lepas dari Spanyol. Selain Pique, masih ada Sergi Roberto yang juga menyatakan hal serupa.

Minggu (1/10/2017), Roberto, 25 tahun, mengunggah fotonya di akun media sosial Instagram, saat melakukan melakukan pemungutan suara di referendum Catalonia. Dalam foto tersebut, terlihat pemain jebolan Akademi La Masia ini memegang kertas suara dan hendak memasukkannya ke dalam kotak suara.

Roberto, yang juga bisa bermain sebagai gelandang, datang langsung ke tempat pemungutan suara, usai tampil membela Barcelona di laga lawan Las Palmas. Laga ini sendiri digelar tanpa penonton dan ditutup dengan kemenangan Barcelona dengan skor 3-0.

Artikel Selanjutnya
Messi Mulai Tidak Betah di Barcelona
Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: MU Beli Bale, Arsenal Ikut Repot