Sukses

4 Pemain Ini Absen Bela Timnas Italia di Kualifikasi Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Italia akan melakoni dua pertandingan terakhir babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 mulai akhir pekan nanti. Gli Azzuri akan menghadapi Makedonia di hari Sabtu (7/10/2017), dan Albania pada Selasa (10/10/2017).

Hasil dari dua laga tersebut akan sangat menentukan langkah Timnas Italia selanjutnya. Sejauh ini, anak-anak asuh Giampiero Ventura masih berada di peringkat kedua dengan 19 poin, terpaut 3 poin dari Spanyol di puncak klasemen Grup G.

Menilik dari tangga klasemen, Italia memiliki peluang besar untuk lolos Piala Dunia 2018 minimal dari jalur play-off. Jika nasib lebih beruntung, dalam arti Spanyol kalah atau seri di dua laga tersisa, Gianluigi Buffon dan kawan-kawan bisa lolos otomotis ke babak penyisihan grup.

Namun, jelang laga tersebut, Timnas Italia setidaknya kehilangan empat pemain pentingnya. Empat pemain ini dihantam penyakit di klubnya masing-masing. Akibatnya, mereka dipastikan tidak dapat tampil memperkuat negaranya.

Berikut empat pemain tersebut:

 

 

1 dari 5 halaman

1. Daniele De Rossi

Gelandang sekaligus kapten AS Roma, Daniele De Rossi meninggalkan kamp latihan Timnas Italia di Coverciano sejak kemarin akibat cedera lutut. Kabarnya, meniskus (tulang rawan cekung dalam sendi) gelandang 34 tahun itu mengalami kerusakan.

Daniele De Rossi  (AFP/Filippo Monteforte)

Sejauh ini belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai cedera yang dialami De Rossi tersebut. Namun yang pasti, dengan kondisi yang ada, mustahil bagi pemain yang sudah mengoleksi 116 caps bersama Timnas Italia itu untuk bisa bermain melawan Makedonia dan Albania.

Meski demikian, sampai berita ini ditayangkan, De Rossi masih belum dicoret dari daftar skuat yang dipersiapkan oleh pelatih Giampiero Ventura.

 

2 dari 5 halaman

Lorenzo Pellegrini

Gelandang AS Roma lainnya, Lorenzo Pellegrini, juga kehilangan kesempatan untuk membela negara kali ini. Pemain berusia 21 tahun itu mengalami cedera otot edema saat bertanding melawan AC Milan hari Minggu lalu (1/10/2017).

Lorenzo Pellegrini (Istimewa)

Pellegrini akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut hari Rabu untuk mengetahui seberapa parah cedera yang dialaminya, dan memperkirakan kapan ia bisa bermain kembali.

Sejak menjalani debutnya pada 31 Mei lalu, Pellegrini belum pernah tampil lagi untuk Timnas Italia. Sedangkan di Timnas U-21, mantan pemain Sassuolo itu sudah tampil dalam 11 pertandingan dan menyumbang 4 gol.

 

3 dari 5 halaman

3. Andrea Belotti

Penyerang Torino, Andrea Belotti harus mengubur impiannya mengantarkan Italia lolos Piala Dunia 2018. Kemarin, Torino mengumumkan bahwa penyerang 23 tahun itu harus beristirahat minimal selama empat minggu akibat cedera ligamen di lutut sebelah kanannya.

Andrea Belotti  (AP Photo/Alessandro Di Marco)

Belotti dihantam cedera saat bertanding melawan Hellas Verona hari Minggu (1/10/2017). Selain cedera, ia juga gagal membawa timnya mengalahkan klub promosi itu, di mana pertandingan berakhir imbang 2-2.

Sejauh musim ini, Belotti sudah mencetak 5 gol dan 2 assist dalam delapan pertandingan bagi Torino. Sementara bagi Timnas Italia senior, penyerang yang terikat klausul rilis senilai 100 juta euro itu telah mengoleksi 4 gol dalam 11 caps.

 

4 dari 5 halaman

4. Marco Verratti

Dari luar Serie A, Timnas Italia juga kehilangan gelandang tangguh, Marco Verratti. Pemain Paris Saint Germain itu mengalami cedera saat bertanding melawan Bordeaux hari Minggu (1/10/2017). Dalam laga yang berakhir dengan skor 6-2 untuk kemenangan PSG itu, ia ditarik keluar di menit 79.

Marco Verratti (AFP/Franck Fife)Sejauh ini, belum diketahui secara pasti cedera apa yang dialami Verratti. PSG juga belum mengumumkan sampai kapan mantan pemain Pescara itu bisa kembali merumput.

Verratti merupakan gelandang andalan pelatih Giampiero Ventura di lini tengah. Posisinya nyaris tak tergantikan, kecuali bila ia mengalami cedera. Sejak menembus Timnas Italia senior pada Agustus tahun 2012, tercatat ia sudah mengoleksi 23 caps dan menyumbang satu gol. (Abul Muamar)

Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Buffon Menjadi Penjaga Gawang
Artikel Selanjutnya
Villa Tunda Impian Tambah Gol untuk Timnas Spanyol