Sukses

Meraba Kekuatan Timnas Catalonia

Liputan6.com, Jakarta Catalonia tengah berusaha merdeka dari Spanyol. Akhir pekan kemarin mereka mengadakan referendum untuk memilih apakah tetap menjadi bagian dari Spanyol atau membentuk negara baru. 

Upaya referendum berakhir ricuh. Pemerintah Spanyol menganggapnya sebagai aksi ilegal. Aparat keamanan Spanyol berusaha membubarkan TPS-TPS, sehingga memicu keributan yang menyebabkan ratusan orang terluka.

FC Barcelona terpaksa bertanding tanpa penonton saat menjamu Las Palmas di Nou Camp akibat tidak kondusifnya situasi sepanjang akhir pekan.

Jika Catalonia akhirnya benar-benar merdeka, timnas Spanyol bakal kerepotan. Hampir setengah pemain inti Spanyol saat ini merupakan pemain asal Catalonia.

Catalonia bahkan bisa membentuk timnas yang tangguh andai memutuskan merdeka. Kebanyakan pemain pilar Barcelona bisa dipanggil membela timnas Catalonia.

 

1 dari 4 halaman

Pertahanan

Di posisi penjaga gawang, timnas Catalonia akan mengandalkan penjaga gawang kedua Real Madrid Kiko Casilla. Untuk cadangannya, Catalonia punya Jordi Masip.

Mantan kiper Barcelona Victor Valdes sebenarnya juga bisa dipakai timnas Catalonia. Namun, Valdes baru saja memutuskan pensiun.

Lini belakang timnas Catalonia memiliki memiliki sederet pemain berkualitas. Pos bek kanan bisa menjadi milik pemain Arsenal Hector Bellerin.

Sedangkan Gerard Pique dan Marc Bartra bakal diduetkan di jantung pertahanan dengan Jordi Alba beroperasi di bek kiri.

Untuk pelapis, timnas Catalonia memiliki Martin Montoya, Pol Lirola, Didac Vila, Aleix Vidal, Aaron Martin, hingga Marc Muniesa.

2 dari 4 halaman

Lini Tengah

Lini tengah timnas Catalonia juga terbilang tangguh. Untuk posisi starter, mereka bisa mengandalkan tiga pemain jebolan Akademi Barcelona, yakni Cesc Fabregas, Sergi Roberto, dan Sergio Busquets.

Pelapis di lini tengah timnas Catalonia juga sangat bagus. Ada Xavi Hernandez, Joan Verdu, hingga Sergi Samper.

3 dari 4 halaman

Lini Depan

Kendala ada di lini depan. Catalonia tidak punya striker murni yang benar-benar terkenal. Bomber Espanyol Gerard Moreno bisa dikedepankan untuk menjadi starter dengan dilapis oleh Bojan Krkic.

Di posisi penyerang sayap, Catalonia akan mengandalkan Gerard Deulofeu dan Keita Balde Diao. Nama terakhir lahir di wilayah Catalonia, tapi memilih membela timnas Senegal.

Meski belum merdeka dan masih berada di bawah Spanyol, timnas Catalonia sudah cukup sering bertanding, minimal sekali setahun. Johan Cruyff pernah menangani timnas Catalonia selama empat tahun. Sejak 2016, timnas Catalonia dipegang Sergio Gonzalez.

Artikel Selanjutnya
Bek Timnas Indonesia U-19 Kantongi Kekuatan Myanmar
Artikel Selanjutnya
3 Calon Bintang Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF