Sukses

Sandy Walsh, Bek Klub Belgia yang Ingin Bela Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Nama Sandy Walsh (22) sedang ramai dibicarakan menyusul rumor yang menyebut Walsh punya keinginan membela Timnas Indonesia. Pelatih timnas Indonesia, Luis Milla pun tak ketinggalan menanggapi rumor ini.

"Saya sudah pantau dari jauh. Yang terpenting apakah Walsh mau bermain untuk timnas Indonesia?" kata Milla.

"Lalu apakah PSSI mau menaturalisasinya. Apalagi proses naturalisasi butuh proses yang lama," ujar Milla menambahkan.

Walsh sendiri saat ini membela klub Belgia, Zulte Waregem. Sebelumnya, Walsh sempat bermain di dua klub ternama Belgia: Anderlecht dan Genk.

Di tim senior Genk, Walsh tampil 51 kali dan mencetak satu gol dalam kurun waktu 2012 hingga 2017. Ia turut mempersembahkan trofi Belgian Cup dan Belgian Super Cup.

Pemain berposisi bek ini bisa memilih empat negara untuk diperkuat. Yakni Belgia, Belanda, dan Republik Irlandia, dan Indonesia. Darah Indonesia dalam diri Walsh mengalir dari ibunya.

Namun Walsh kemudian dikaitkan dengan timnas Indonesia setelah ia mengunggah foto ucapan selamat terhadap kemerdekaan Republik Indonesia. Banyak komentar di foto itu dari pengguna Instagram yang memintanya membela timnas Indonesia.

 

 

1 dari 2 halaman

Pernah Perkuat Timnas Belanda Yunior

Walsh sejatinya sudah memperkuat timnas Belanda. Namun karier pemain kelahiran 14 Maret 1995 ini hanya mentok di timnas Belanda U-20 dan tak pernah mencicipi caps di timnas senior.

Bersama Zulte Waregem, Walsh baru tampil tiga kali dan mencetak satu gol. Nama Walsh lalu semakin dikenal di Indonesia lantaran ia turut serta dalam daftar pemain Zulte di Liga Europa.

Meskipun, Walsh belum sama sekali tampil di turnamen kasta kedua di antara klub Eropa tersebut.

Sejauh ini belum ada tindak lanjut dari PSSI terkait rumor naturalisasi Walsh. Namun jika akhirnya dinaturalisasi, Walsh harus tetap bekerja keras mengingat cukup banyak bek bertalenta di timnas Indonesia saat ini semisal Hansamu Yama dan kapten timnas Indonesia U-19, Rachmat Irianto.

Artikel Selanjutnya
MU Boyong Wonderkid Spanyol
Artikel Selanjutnya
Gabung MU, Wonderkid Asal Spanyol Mengaku Bangga