Sukses

Timnas Indonesia U-19 Vs Kamboja: Pembuktian Garuda Nusantara

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 bakal menghadapi Kamboja U-19 dalam laga uji coba di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (4/10/2017). Meski diunggulkan, pasukan Indra Sjafri harus mewaspadai sengatan tim tamu.

Garuda Nusantara boleh dibilang tengah on fire belakangan ini. Meski cuma meraih peringkat ketiga, mereka tampil istimewa di Piala AFF U-18 2017 lalu.

Apalagi, permainan yang diperlihatkan Egy Maulana dan kawan-kawan patut diapresiasi. Mereka punya akurasi pasing rata-rata 75 persen.

Bahkan saat bermain dengan 10 pemain sejak babak kedua kontra Thailand pada semifinal Piala AFF U-18 2017 lalu, mereka mencatatkan 73 persen umpan akurat. Yang lebih istimewa lagi, mereka membukukan delapan tembakan tepat sasaran, jauh dibanding empat milik lawan. Bukti lain, mereka sukses menghantam Myanmar 7-1 dalam perebutan juara ketiga.

Melawan Kamboja, meski berstatus uji coba, timnas Indonesia U-19 harus kembali buktikan diri. Mereka sudah bertemu pada Piala AFF U-18 2016 lalu. Kala itu, Indonesia menang 4-3 dalam laga di Vietnam.

Garuda Nusantara juga bakal kembali mengandalkan Egy Maulana Vikri. Ya, mantan pemain Persibes Brebes itu sukses menjadi pemain muda tersubur ASEAN setelah jadi top skorer di Piala AFF U-18 2017 dengan torehan delapan gol.

"Uji coba ini sangat bermanfaat. Kami ingin menciptakan timnas jangka panjang. Hakikat tim usia muda adalah menciptakan individu pemain berkualitas dan butuh proses buat semua itu," ungkap Indra sebelum laga.

Sementara itu, Kamboja datang ke Indonesia untuk melihat hasil evaluasi usai Piala AFF U-18 lalu. Mereka boleh dibilang gagal total setelah hanya finis kelima di Grup A dengan meraih satu kemenangan.

Meski begitu, mereka punya pemain yang diwaspadai, yakni Sin Kakada. Kakada pada Piala AFF U-18 lalu mencetak satu dari lima gol yang diciptakan Kamboja. Selain itu, dia merupakan andalan negaranya sejak AFF U-16 2016 lalu. Kala itu dia juga mencetak gol pada turnamen terebut.

Kamboja sendiri setidaknya ingin menahan timnas Indonesia U-19 di Patriot. Mereka sadar betul permainan anak asuh Indra Sjafri itu yang tengah dalam kondisi terbaik.

"Mereka tampil kuat di Piala AFF U-18 kemarin. Kami sudah siapkan antisipasi. Semua pemain secara fisik sangat kuat, taktikal Indonesia juga sangat baik dan build-up permainannya sangat baik," papar Pelatih Kamboja, Kazunori Inoue.

1 dari 3 halaman

Fakta Pertandingan

- Indonesia U-19 bersama Indra Sjafri belum pernah bertemu dengan Kamboja.

- Cuma Thailand dan Vietnam yang bisa menggagalkan Indonesia cetak gol dalam 10 laga terakhir.

- Indonesia sukses mencetak 35 gol dalam 10 pertandingan terakhir di semua ajang. Itu artinya tiap laga Garuda Nusantara cetak 3,5 gol per pertandingannya.

- Tinggal tersisa dua pemain Indonesia U-19 yang kala itu menang 4-3 atas Kamboja 2016 lalu. Mereka adalah Asnawi Mangkualam, dan Syahrian Abimanyu.

- Sedang, kala itu Ohara Kazunori sudah melatih timnas Kamboja U-19. Indonesia sendiri kala itu dilatih Eduard Tjong.

Head to Head

20/09/2016 Indonesia 4 - 3 Kamboja

 

2 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia: Muhammad Aqil Savik; Rifad Marassabessy, Rachmat Irianto, Kadek Raditya, Firza Andika; M Lutfi, Syahrin Abimanyu, Witan Sulaeman; Feby Eka Putra,Egy Maulana, M Rafli.

Kamboja: Chea Vansak; Kim Chhaya, Yue Safy, Chhaeung Visinu, Lorn Then, Tray Vicheth, Seth Mann South, San Kimheng, Heng Tina, Long Meng Hav, Sin Kakada.

Eka Setiawan

Artikel Selanjutnya
Jadwal Piala AFF U-18, Timnas Indonesia Vs Filipina
Artikel Selanjutnya
Piala AFF U-18: Prediksi Starter Myanmar Vs Timnas Indonesia