Sukses

Timnas Indonesia Vs Kamboja: Menanti Sentuhan Emas Luis Milla

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal melakoni laga uji coba kontra Kamboja di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (4/10). Ini adalah saatnya Luis Milla membuktikan kemampuannya di timnas senior.

Milla memang sudah membuktikan diri bersama Timnas Indonesia U-22 pada ajang SEA Games 2017 dengan meraih perunggu. Namun, pada level senior, pelatih asal Spanyol itu masih belum teruji betul.

Dari empat laga bersama timnas senior, Milla cuma meraih sekali kemenangan, sekali kalah, dan dua hasil imbang. Terlebih Milla belum pernah sekali pun meraih kemenangan ketika memimpin timnya di Indonesia.

Kamboja menjadi lawan yang pas bagi mantan pemain Real Madrid itu untuk membuktikan diri. Apalagi, dalam enam pertemuan terakhir, Indonesia belum pernah tersentuh kekalahan dan menyapu seluruhnya dengan kemenangan.

Milla juga bisa kembali mengandalkan Irfan Bachdim. Selain pernah cetak gol ke gawang Kamboja, Bachdim tengah tampil ciamik bersama Bali United. Dalam empat laga terakhir dia terlibat dalam tiga gol Bali United, yakni dua gol dan satu assist.

"Saya sangat senang dengan uji coba ini, dan saya sudah kumpulkan pemain terbaik di Indoneia berdasarkan kompetisi. Lawan Kamboja, mereka sangat atraktif, karena saya tahu karakter pelatih Kamboja (Leonardo Vitorino)," ungkap Luis Milla.

Sementara itu, Kamboja sendiri sangat serius menatap uji coba nanti. Mereka ingin membalaskan dendam kekalahan di Phnom Penh Juni lalu kala takluk 0-2 dari Indonesia.

Laga nanti juga dijadikan Kamboja sebagai ajang yang tepat jelang tatap Kualifikasi Piala Asia 2019. Apalagi Leonardo Vitorino membawa beberapa pemain-pemain yang tak berpengalaman dalam laga nanti untuk dicoba kontra Indonesia.

Ada satu nama yang wajib diwapadai, yakni Chan Vathanaka. Pemain yang kini memperkuat tim Jepang, Fujieda MYFC, itu sudah mengemas 12 gol dalam 33 laga bersama timnas senior Kamboja.

"Ini merupakan bagian penting dari melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia. Saya tahu Indonesia di tangan yang bagus dan saya kenal Luis Milla. Saya berharap laga nanti berguna buat kami," kata pelatih Kamboja, Leonardo Vitorino.

1 dari 3 halaman

Fakta Pertandingan

- Dalam rekor pertemuan, enam laga terakhir Indonesia tak pernah menelan kekalahan. Bahkan, Indonesia sukses sapu semua laga itu dengan kemenangan lawan Kamboja.

- Luis Milla belum pernah meraih kemenangan sekali pun di Indonesia. Dari tiga laga, Indonesia bersamanya meraih dua imbang dan sekali kalah.

- Kamboja terbilang sudah puasa gelar sangat lama. Terakhir kali mereka meraih juara Presiden Cup 1973 lalu.

- Indonesia pun begitu. Pada level ASEAN, timnas senior terakhir kali raih medali emas 1991 lalu. Sedangkan prestasi terbaik adalah jadi runner-up lima kali di Piala AFF era 2000-an.

- Kamboja baru sekali menang sepanjang 2017.

Head to Head:

08/06/17 Kamboja 0 - 2 Indonesia

25/09/14 Indonesia 1 - 0 Kamboja

07/12/08 Kamboja 0 - 4 Indonesia

21/08/08 Indonesia 7 - 0 Kamboja

29/04/01 Kamboja 0 - 2 Indonesia

 

2 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Beny Wahyudi, Fachrudin Aryanto, Achmad Jufriyanto, Rezaldi Hehanusa; Bayu Pradana, Evan Dimas, Stefano Lilipaly; Andik Vermansah, Irfan Bachdim, Rizki Pora.

Kamboja: Sou Yaty; Rous Samoeun, Souey Visal, Choum Pisa, Shhin Chhoeun, Tt Dina, Bin Chanthacheary, Keo Sokpheng, Khuon Laboravy, In Sodavid, Chan Vathanaka.

Eka Setiawan

Artikel Selanjutnya
Jadwal Piala AFF U-18, Timnas Indonesia Vs Filipina
Artikel Selanjutnya
Duel Bintang Timnas Myanmar U-19 Vs Timnas U-19 Indonesia