Sukses

Kembali Bela Timnas Usai 5 Tahun Absen, Taufik Merasa Canggung

Terakhir Muhammad Taufiq membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2012.

Liputan6.com, Jakarta - Muhammad Taufik kembali mendapat kesempatan membela timnas Indonesia di laga uji coba lawan Kamboja, sore ini. Bagi gelandang Bali United itu, ini adalah pertama kalinya setelah lima tahun absen membela Tim Garuda.

Taufiq masuk dalam 20 pemain yang dipanggil pelatih Luis Milla untuk memperkuat Timnas Indonesia menghadapi Kamboja dalam laga uji coba internasional yang digelar Rabu (4/10/2017). 

"Tentu saya sangat bersyukur karena kembali mendapatkan kepercayaan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Itu yang langsung saya lakukan ketika pertama kali tahu saya bisa kembali ke Timnas Indonesia," ujar Taufiq.

Namun, pemain berusia 30 tahun itu juga harus mengakui dirinya sempat merasa canggung saat bergabung dengan ke-19 rekan setimnya yang jelas merupakan pemain-pemain terbaik pilihan Luis Milla. Alasannya, karena ia kembali ke timnas Indonesia dengan pemain-pemain muda yang berkualitas dan pelatih baru.

"Tentu ada rasa canggung juga saya rasakan. Ada pemain-pemain senior, tapi juga ada banyak pemain muda di tim ini. Saya pun baru pertama kali bertemu Coach Luis. Namun, saya yakin nanti begitu masuk ke dalam lapangan semua akan tetap sama," ujar pemain asal Tarakan, Kalimantan Utara itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Pandang Sebelah Mata

Sementara itu, Taufiq tak ingin Tim Garuda memandang sebelah mata Kamboja yang menjadi lawan uji coba kali ini. Meski dalam catatan pertemuan antara kedua tim Indonesia selalu memiliki hasil positif, Taufiq mengingatkan bahwa Kamboja juga mengalami perkembangan yang bagus.

"Sudah pasti kami tidak boleh meremehkan Kamboja. Mereka sangat kompak dan saya sudah melihatnya dalam rekaman video bersama tim. Sepak bola mereka sudah tidak tertinggal jauh dari kita," ujarnya.

Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (4/10/2017), pukul 21.00 WIB. Sebelum Tim Garuda bertanding, Timnas Indonesia U-19 akan lebih dulu tampil menghadapi Timnas Kamboja U-19 di stadion yang sama dengan kick-off pukul 18.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.