Sukses

Jika Juara MotoGP, Berapa Poin Marquez di Akhir Musim?

Liputan6.com, Jakarta - Marc Marquez terbilang cukup sukses selama mengikuti MotoGP bersama Repsol Honda. Sejak 2013, dia sukses merebut juara MotoGP sebanyak tiga kali.

Baby Alien, begitu sebutan untuk Marquez. Bagaimana tidak, baru saja menjejak di MotoGP, dia sudah saingi pembalap berpengalaman seperti Valentino Rossi, Casey Stoner dan Jorge Lorenzo.

Semua pembalap seakan angkat tangan dengan kecepatan Marquez saat ini. Tak hanya cepat, Marquez terkenal sangat nekat saat mengendarai Honda RC 213V tunggannya di trek balapan. Ini kerap membuat pembalap lain kesal, tapi Baby Alien tetap melaju.

Gaya membalapnya yang beringas sudah terkenal sejak dirinya berusia muda. Sejak membalap di Moto3 hingga Moto2, dia selalu membalap dengan gaya demikian.

Bahkan, Marquez sempat gagal juara Moto2 pada 2011 gara-gara kecelakaan menjelang seri terakhir. Namun itu bisa dibayarnya pada 2012 saat rebut juara dengan Honda Ten Kate.

Repsol Honda tak butuh waktu lama untuk mencari penerus Casey Stoner yang pensiun pada 2012. Marquez ternyata menjadi pengganti yang pas bahkan boleh disebut punya prospek juara lebih besar ketimbang era Stoner.

 

 

1 dari 2 halaman

Torehan Poin

Dari tiga kali juara MotoGP yaitu 2013, 2014 dan 2016, Marquez selalu tampil meyakinkan. Pada 2014, Marquez sempat sapu bersih 10 seri MotoGP sebelum jadi juara.

Lalu bagaimana musim ini? Saat ini, Marquez unggul 16 poin dari Andrea Dovizioso pembalap Ducati Corse hingga seri ke-14. Berapa kira-kira poin yang didapatkan Marquez?  Jika Dovizioso sapu bersih empat seri tersisa MotoGP, pembalap Ducati diyakini bisa salip poin Marquez.

Marquez cukup rebut dua kemenangan dan dua kali podium dua untuk memastikan juara MotoGP. Poin yang didapatkannya sudah tak bisa dilewati Dovizioso lagi meski pembalap asal Italia itu menorehkan jumlah kemenangan dan podium yang sama dengan Marquez di empat seri tersisa.

Marquez akan genap merebut 314 poin, sedangkan Dovizioso dengan torehan yang sama hanya akan merebut 298 poin. Skenario ini tentu akan berubah jika Marquez tampil tidak sesuai ekspektasi atau bahkan melebihi prediksi di atas. Begitu juga sebaliknya dengan Dovizioso.

Berikut poin Marquez saat juara dan poinnya saat ini hingga tersisa empat seri MotoGP:

Infografis poin Marquez jika Juara MotoGP (Liputan6.com/Abdillah)

Artikel Selanjutnya
Rossi Cedera, Dovizioso Rival Utama Marquez Juara MotoGP 2017
Artikel Selanjutnya
MotoGP: Demi Dovizioso, Lorenzo Rela Lakukan Team Order