Sukses

Bersama Valverde, Barcelona Jauh Lebih Kompak

Barcelona jauh lebih kuat dalam bertahan dan menyerang di musim ini.

Liputan6.com, Barcelona - Belum ada tim yang mampu menghentikan laju kencang Barcelona di awal musim 2017/2018. Puncak klasemen di berbagai kompetisi berada dalam kuasa mereka. Sergio Busquets menyebut pelatih Ernesto Valverde sebagai sosok kunci.

Awalnya, banyak yang meragukan Valverde bakal melejit bersama Barcelona. Itu karena ia tak memiliki pengalaman melatih klub sekaliber Barcelona. Satu-satunya klub level top yang pernah diasuhnya adalah Valencia pada Desember 2012 hingga 2 Juni 2013.

Meski begitu, ia tetap disebut-sebut sebagai salah satu pelatih terbaik di Spanyol. Rapornya bersama Athletic Bilbao menjadi bukti kuat. Di musim 2013/2014, ia membawa Bilbao finis di empat besar Liga Spanyol dan tampil di Liga Champions untuk kali pertama sejak musim 1998/1999.

Kini, Valverde tentu berharap bisa mengukir prestasi lebih membanggakan bersama Barcelona. Sejauh ini, Valverde berada di jalan yang tepat. Menurut Busquets, Barcelona sudah jauh lebih berbeda sejak Valverde datang.

"Bermain dengan banyak gelandang memastikan Anda lebih unggul di lapangan tengah. Saya pun sedikit lebih terlindungi daripada sebelumnya. Musim ini saya merasa lebih nyaman. Kami lebih kompak dan memiliki pengaruh besar pada permainan," kata Busquets, dilansir Football Espana.

Di awal musim ini, Barcelona telah menjalani sembilan laga semua kompetisi. Hasilnya, mereka mampu mengukir kemenangan 100 persen. Bahkan, gawang mereka baru kebobolan dua gol dan mampu melesakkan 27 gol.

Dampaknya, Barcelona memuncaki klasemen Liga Spanyol dengan raihan 21 poin dari tujuh laga, unggul lima poin atas Sevilla yang menjadi pesaing terdekat. Mereka juga menguasai klasemen Grup D Liga Champions berkat dua kemenangan.

"Saya tidak tahu soal statistik, tapi perasaan saya kami bermain lebih kompak. Kami membuat lawan jauh lebih sulit menciptakan peluang. Ini bagus untuk tim dan saya. Kami lebih solid dan lebih fokus memperjuangkan gelar," tegas Busquets.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.