Sukses

75 Mobil Offroad Serbu Kendari untuk IOX 2017

Indonesia Offroad eXpedition (IOX) 2017 Celebes berlangsung di Kendari.

Liputan6.com, Kendari - Kota Kendari sejak Selasa malam jadi heboh dengan mendaratnya 75 kendaraan offroad super ekstrim peserta Indonesia Offroad eXpedition (IOX) 2017 Celebes dari Jakarta. Kehadiran kendaraan offroad super ekstrim berwarna oranye yang berseliweran di jalan dengan cepat menarik perhatian masyarakat Kendari, Sulawesi Tenggara.

Selain 73 kendaraan 4x4, sekitar 70 kendaraan roda dua dengan logo IOX juga banyak berkeliaran di jalan Kota Kendari. IOX 2017 Celebes tidak hanya event kendaraan 4x4, juga event untuk sekitar 60 peserta kendaraan roda dua offroad dan sekitar 10 kendaraan roda dua wisata overland (on-road) yang akan berwisata mengelilingi Sultra hingga ke Sulsel.

Berpusat di Hotel Clarion Kendari, aura kota Kendari juga berubah jadi semarak dengan kehadiran 300-an personil ber-seragam khas IOX 2017 Celebes dari berbagai kota. Belum lagi dengan kepungan publikasi event IOX 2017 Celebes yang atraktif di banyak billboard, spanduk dan umbul-umbul di berbagai lokasi strategis, membuat semakin semarak kota Kendari di saat ini.

Berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada tanggal 26 September 2017, setelah transit dan ganti kapal di Makasar pada subuh 30 September 2017 seluruh kendaraan peserta selamat mendarat di Kendari pada Selasa malam tanggal 3 Oktober 2017.

Akbar Zakariah, Koordinator Pengapalan kendaraan IOX, bersyukur seluruh kendaraan peserta bisa diangkut semua dan tiba di Kendari sebelum tanggal start tanpa gangguan. "Insya Allah semua barang kendaraan peserta aman dan kendaraan siap digunakan peserta" kata Akbar dalam rilis yang diterima wartawan.

Masalah keamanan kendaraan peserta jadi perhatian Akbar mengingat kendaraan offroad IOX merupakan kendaraan modifikasi khusus dengan perlengkapan offroad yang mahal. Tercatat 15 personil dari IOX Sulsel dan Sultra di bawah komando Akbar dikerahkan untuk mengurusnya termasuk masuk dan keluar kapal pengangkut serta pengiriman kendaraan ke Hotel Clarion Kendari yang menjadi markas rombongan IOX, untuk disimpan menunggu datangnya peserta IOX di Kendari.

Panitia lokal IOX terlihat serius dan solid dalam melakukan persiapan dan pelaksanaan event IOX 2017 Celebes ini. "Dari segi kesuksesan, kami tidak ingin Kendari dan Makasar kalah dari kota lain yang dilalui event IOX di tahun-tahun sebelumnya," papar Ketua Panitia IOX 2017 Celebes, Firzal Muzaffar.

IOX 2017 Celebes ini sendiri bagaikan mengulang sejarah kegiatan offroad dari Kendari ke Makasar, yang pernah sukses dilaksanakan pada tahun 2006 dengan nama Diplomat Challenge 2006, yang saat itu dipimpin oleh Syamsir Alam, offroader kawakan Indonesia. Setelah 11 tahun tidak ada event besar offroad di Kendari, tahun ini IOX datang dengan track yang lebih keras dan menantang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.