Sukses

Michelin Puas dengan Kinerja Ban di MotoGP

Michelin klaim ketidakpastian hasil di MotoGP makin gairahkan balapan.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur teknik Michelin, Nicholas Goubert mengaku puas dengan kinerja ban asal Prancis di MotoGP musim ini. Pasalnya, Michelin setidaknya telah memasok sembilan ban depan dan belakang yang memungkinkan pembalap merasa nyaman selama mengaspal di arena pacuan kuda besi.

"Setiap orang memiliki kesempatan untuk menemukan satu atau lebih kombinasi yang sesuai untuk mereka. Saya rasa kegembiraan terjadi karena ada ketidakpastian pada kejuaraan. Ada begitu banyak pilihan bagi para pembalap," kata Goubert seperti dikutip dari Mundo Deportivo, Jumat (6/10/2017).

Goubert menambahkan masing-masing pembalap MotoGP sebenarnya diberikan keleluasaan untuk memilih ban selama balapan. Para tim peserta sudah tentu memahami bagaimana karakter ban yang akan digunakan para pembalapnya.

Pasalnya, ada beberapa ban yang mudah panas dan ada juga ban yang membutuhkan waktu lebih untuk pemanasan serta mudah degradasi. Berarti, para pembalap bukan hanya terfokus pada balapan saja. Taktik pemilihan ban juga memainkan faktor penting pada keberhasilan ini.

"Praktis ini bukan hanya soal persiapan lomba, tapi juga mempelajari ban di atas sirkuit dan pada suhu tertentu. Para Insinyur memiliki pekerjaan hebat yang harus mereka lakukan," ucap Goubert.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.