Sukses

Cetak Gol Buat Timnas U-19 Jadi Pembuktian Saddil Ramdani

Saddil pernah dinilai menjadi salah satu penyebab kegagalan timnas U-19 melaju ke final Piala AFF U-18 2017

Liputan6.com, Jakarta Sejak Piala AFF U-18 2017, Saddil Ramdani menjadi salah satu pemain timnas U-19 yang terus mendapat sorotan masyarakat. Namun, bukan sorotan bernada positif, melainkan lebih kepada kekecewaan.

Masyarakat menilai Saddil menjadi salah satu penyebab kegagalan timnas U-19 melaju ke final Piala AFF U-18 2017 di Myanmar. Kala itu, Saddil mendapat kartu merah di akhir babak pertama saat bertemu Thailand di semifinal.

Tampil dengan 10 pemain membuat timnas U-19 kekurangan daya gedor. Pada akhirnya, skuat Garuda Nusantara harus menelan kekalahan lewat adu penalti setelah bermain dengan skor 0-0 di waktu normal.

Tak sampai disitu, kekesalan masyarakat semakin menjadi-jadi setelah Saddil gagal mencetak gol dari titik putih saat melawan Kamboja pada laga uji coba di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Rabu (4/10/2017).

Namun, pelatih Indra Sjafri sama sekali tak terpengaruh dengan penilaian masyarakat. Buktinya, pemain Persela Lamongan itu tetap dimainkan saat melawan Thailand pada uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (8/10/2017).

"Mulai dari Piala AFF, kita sama-sama tahu Saddil mendapatkan tekanan dari sebagian masyarakat yang kecewa dengan kartu merahnya dan penalti yang tidak masuk. Tapi saya tidak menyerah soal itu dan saya selalu yakin ia akan bangkit," kata Indra usai laga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gol pembuktian Saddil

Saddil sendiri baru masuk di babak kedua menggantikan Muhammad Iqbal. Saat itu timnas U-19 sudah dalam kondisi unggul 1-0 berkat gol Witan Sulaeman di menit ke-44. Masuknya Saddil ikut menambah daya serang timnas U-19 di babak kedua.

Pada akhirnya, timnas U-19 unggul 2-0 berkat gol Syahrian Abimanyu di menit ke-80. Selanjutnya, giliran Saddil yang menyumbang gol di menit ke-89. Tendangan mendatarnya tak mampu diantisipasi kiper Thailand, Varuth Wongsomsak.

"Saat eksekusi penalti itu sebenarnya di luar skenario yang kami lakukan. Jadi karena Saddil bermain, saya bilang ke Egy, kasih kode biar Saddil yang nendang. Dan tidak masuk saya pikir masalah buat dia, secara psikis habis," ungkap Indra.

Tapi hari ini ia buktikan dengan golnya. Saya oikir sekarang ia bisa sedikit adem (tenang). Saddil dan Asnawi (Mangkualam) kan baru bergabung. Nah sekarang mereka sudah bisa beradaptasi dengan konsep bermain kami," ia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.