Sukses

Cetak Gol di Timnas Indonesia U-19, Saddil: Terima Kasih Haters

Saddil menjadikan kritik publik sebagai suntikan motivasi bersama timnas Indonesia U-19.

Liputan6.com, Cikarang - Saddil Ramdani akhirnya berhasil mencetak gol bersama timnas Indonesia U-19. Setelah sempat jadi bulan-bulanan, Saddil menunjukkan perannya bersama Garuda Nusantara lewat gol ke gawang Thailand di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (8/10/2017). 

Dalam duel ini, Timnas Indonesia U-19 menang 3-0. Saddil mencetak gol pada menit ke-89. Sementara dua gol lainnya lahir dari Witan Sulaeman dan Syahrian Abimanyu. 

Ini merupakan gol pertama Saddil saat dipanggil memperkuat Timnas Indonesia U-19. Sebelumnya, Saddil justru sempat dihujat akibat gagal penalti dan insiden kartu merah. 

"Alhamdulillah saya sangat bersyukur karena malam ini menjadi malam pembuktian saya," kata Saddil usai pertandingan Timnas Indonesia U-19 Vs Thailand, kemarin. 

"Tapi pertama-tama saya berterima kasih atas yang selama ini menghujat saya. Saya sangat termotivasi karena saya tidak seperti yang mereka bayangkan," ujar Saddil.

Nasib Saddil bersama timnas Indonesia U-19 awalnya tak sebaik saat memperkuat timnas Indonesia U-22. Di SEA Games 2017, Saddil menjadi salah satu pemain yang dielu-elukan. Apalagi usai Saddil mencetak gol indah ke gawang timnas Filipina.

Usai SEA Games 2017, pemain Persela Lamongan itu mendapat tugas membela timnas U-19 di Piala AFF U-18 2017. Tujuan Indra Sjafri memanggilnya tentu karena pengalaman di SEA Games 2017. Sayang, Saddil justru menjadi pesakitan bagi timnas U-19.

Pada Piala AFF U-18 2017, Saddil mendapat kartu merah di akhir babak pertama saat timnas Indonesia U-19 bertemu Thailand di semifinal. Tampil dengan 10 pemain membuat timnas U-19 kekurangan daya gedor.

Pada akhirnya, skuat Garuda Nusantara kalah lewat adu penalti usai bermain dengan skor 0-0 di waktu normal. Setelah insiden itu, kritik dari publik terus menghampiri Saddil.

Kekesalan para bertambah karena Saddil gagal mencetak gol dari titik putih saat bertemu Kamboja pada uji coba di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Rabu (4/10/2017).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belajar dari Kesalahan

Meski demikian, Saddil tidak patah arang. Sebaliknya, dia mampu bangkit dan membuktikan perannya bersama Garuda Nuantara di uji coba kedua lawan Thailand. 

Ia menyumbang satu dari tiga gol yang tercipta ke gawang Thailand. Tendangan mendatar yang dilepaskan menit ke-89, gagal diantisipasi kiper Thailand, Varuth Wongsomsak. 

"Saya juga ingin belajar dari semua kesalahan saya. Jadi ke depannya saya mohon kepada semua, terima kasih kepada yang mendukung saya selama ini. Kenapa? Karena tanpa mereka saya bukan apa-apa," ungkap Saddil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.