Sukses

Juara Liga Champions, Eks Kiper MU Buka Rahasia

Liputan6.com, Manchester - Edwin Van der Sar buka rahasia di balik kemenangan MU atas Chelsea pada final Liga Champions musim 2007/08. Apalagi di laga itu ia mampu mementahkan tendangan Nicolas Anelka dalam drama adu penalti.

Menjalani pertandingan di Stadion Luzhniki, Moscow, 21 Mei 2008, The Red Devils dan The Blues bermain imbang 1-1 selama 120 menit. Alhasil, penentuan pemenang harus dilakukan lewat adu penalti. 

Pada babak tos-tosan, Edwin van der Sar tampil sebagai pahlawan MU. Dari tujuh penendang Chelsea, mantan kiper timnas Belanda itu berhasil menggagalkan sepakan 12 pas Nicolas Anelka.

Tendangan penalti Anelka ke sisi kanan sukses dihentikan Van der Sar. MU pun akhirnya sukses mengunci kemenangan dengan skor 6-5. 

"Saya ingat pernah mempelajari tendangan penalti Chelsea dari DVD sebelum pertandingan. Saya telah membuat banyak catatan dan menyadari Nicolas Anelka hampir selalu menendang penalti ke arah kanan," kata Van der Sar.

"Saya mendengar Chelsea melakukan latihan dan mengetahui jika saya terbiasa bergerak ke arah kanan. Menurut saya, pemain mereka diperintahkan untuk menendang ke kiri dan kebanyakan mereka melakukannya. Saya telah mengantisipasi Anelka akan menembak ke sisi lain dan untunglah itu yang terjadi," lanjutnya. 

Keberhasilan tersebut membuat MU telah merengkuh tiga gelar juara di ajang Liga Champions. Sebelumnya, mereka keluar sebagai juara Piala/Liga Champions pada 1967-1968 dan 1998-1999.

Sumber: Manchester Evening News

Artikel Selanjutnya
Ambisi Kiper Juventus Sebelum Pensiun
Artikel Selanjutnya
Ibrahimovic dan Pemain Top yang Gagal Juara Liga Champions