Sukses

Jelang Asian Games, GBK Bakal Gelar Test Event

Liputan6.com, Jakarta - Kompleks olahraga Gelora Bung Karno (GBK) rencananya bakal rampung 100 persen pada Desember 2017. Dua bulan setelah rambung, GBK bakal melakukan test event untuk menguji kelayakan venue yang bakal menggelar Asian Games 2018.

Pekan lalu, Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono sudah meninjau GBK. Sudah banyak tempat yang selesai dikerjakan sebelum Asian Games berjalan.

"Pada Oktober akan rampung dan stadion renang. November, akan selesai renovasi istana olahraga dan Desember 2017, akan diselesaikan yakni Stadion Utama GBK, fasilitas pelatihan, stadion tenis dalam ruangan dan luar ruangan, stadion madya, lapangan softball, gedung basket dan lapangan baseball. Sedangkan lapangan hoki dan sepakbola ABC sudah selesai," kata Basuki, dikutip dari Antara.

Renovasi 15 arena olahraga oleh Kementerian PUPR terbagi menjadi tujuh paket pekerjaan konstruksi dengan total nilai kontrak sebesar Rp1,77 triliun.

Nantinya bila sudah 100 persen, komplek olahraga GBK bakal menggelar test event pada 10 hingga 18 Februari 2018. Akanada 10 cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni panahan, atletik, bulu tangkis, basket, tinju, sepak bola, pencak silat, taekwondo, voli, dan angkat besi.

Test event ini sifatnya wajib sesuai dengan awahan Dewan Olahraga Asia karena Indonesia tak bisa menggelar Asian Youth Games 2017 yang diikuti 45 negara peserta Asian Games 2018. Indonesia tak bisa menyelenggarakan Asian Youth Games 2017 karena terkendala dana.

Karena hal tersebut, Dewan Olahraga Asia memutuskan agar Indonesia wajib menggelar test event sebelum Asian Games digelar pada 18 Agustus 2018.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Test Event Asian Games Panjat Tebing Siap Digelar di Cikole
Artikel Selanjutnya
Jadwal Siaran Langsung Piala AFF U-18, Indonesia Vs Myanmar