Sukses

Bekal Berharga Timnas Indonesia U-19

Timnas Indonesia U-19 menatap Kualifikasi dan putaran final Piala Asia 2018.

Liputan6.com, Bekasi - Timnas Indonesia U-19 terus mempersiapkan diri sebelum tampil di Kualifikasi dan putaran final Piala Asia U-19 2018. Kemenangan 3-0 atas Thailand menjadi bekal penting menuju Kualifikasi dan putaran final Piala Asia U-19 2018.

Indonesia sudah pasti tampil di Piala Asia U-19 2018, karena bertindak sebagai tuan rumah. Pasukan Indra Sjafri hanya formalitas berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-19.

Namun, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan dapat memanfaatkan momentum Kualifikasi untuk berbenah. Perbaikan perlu terus dilakukan demi tampil maksimal di Piala Asia U-19 2018.

Akhir Oktober 2017, Timnas Indonesia U-19 mulai melakoni kualifikasi Piala Asia. Garuda Nusantara tergabung di Grup F bersama Korea Selatan, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Timor Leste.

Korea Selatan bertindak sebagai tuan rumah. Kemarin (8/10/2017), Timnas Indonesia U-19 tampil meyakinkan. Selain clean sheet, skor telak menunjukkan determinasi tim besutan Indra Sjafri, padahal tim yang dihadapi sekelas Thailand.

Permainan Timnas Indonesia U-19 disebut telah kembali kepada identitas mereka. Selain menguasai bola, Garuda Nusantara juga berulang kali mengancam gawang Thailand.

"Sekarang lebih rapi. Beberapa laga kemarin di Myanmar, kami keluar dari identitas, karena harus mengejar gol. Lawan Filipina (9-0) tak bermain dengan tipikal kami. Lawan Brunei juga begitu. Lawan Myanmar kami bermain dengan rasa dendam," ujar Indra.

"Tadi kami bermain bola dengan konstruktif dan saya pikir cara bermain tadi harus dikembangkan. Mungkin secara perlahan. Kami juga ingin beberapa uji coba lagi sebelum ke Piala Asia," Indra menambahkan.

Selain mendongkrak kepercayaan diri, kemenangan kali ini membuat timnas Indonesia U-19 sukses menuntaskan dendam kepada Thailand. Maklum, Thailand adalah tim yang merusak mimpi timnas U-19 di Piala AFF U-18 2017.

Kala itu, Thailand menang adu penalti di babak semifinal. Timnas Indonesia U-19 sebelumnya telah menjalani pemusatan latihan di Bekasi. Rencananya, Rachmat Irianto dan kawan-kawan juga menggelar pemusatan latihan di Kota Batu dan Yogyakarta sebelum berangkat ke Korea Selatan.

 

Babak Kualifikasi Piala Asia U-19 dimulai 31 Oktober hingga 8 November 2017. 16 tim akan berlaga di putaran final Piala Asia U-19 2018 dan akan memakai empat venue, Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Patriot, Stadion Gelora Bandung Lautan Api, dan Stadion Pakansari.

Hasil maksimal jelas menjadi target Timnas Indonesia U-19, mengingat status sebagai tuan rumah. Masih ada waktu untuk perbaikan, sebab baru setahun lagi Piala Asia U-19 berlangsung atau tepatnya pada 18 Oktober – 4 November. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.