Sukses

Pelatih Islandia Kaget Pasukannya Melaju ke Piala Dunia 2018

Islandia berhasil melaju ke putaran final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Kosovo 2-0.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Islandia, Heimir Hallgrimsson, nyaris tidak percaya pasukannya berhasil melaju ke Piala Dunia 2018. Timnas Islandia melangkah ke putaran final usai mengalahkan Kosovo 2-0 pada babak kualifikasi Grup I, Senin (9/10/2017).

Dalam duel yang berlangsung di Laugardalsvollur itu, Islandia berhasil unggul lewat gol bintang Everton, Gylfi Sigurdsson dan Johann Gudmundsson. Kemenangan ini mengantar Islandia ke puncak klasemen Grup I dengan koleksi 22 poin dari 10 pertandingan. 

Menyusul Kroasia di urutan kedua dengan 20 poin dan posisi ketiga, Ukraina dengan 17 poin. Pada pertandingan terakhir, Kroasia berhasil mengalahkan Ukraina 2-0 di Kiev. 

Ini merupakan kali pertama Islandia melaju ke putaran final Piala Dunia. Sebelumnya, Islandia sempat mengejutkan jagat sepak bola Eropa setelah melaju babak perempat final Euro 2016. Dalam turnamen ini, Islandia menjadi David pembunuh Goliath. Sebab setelah menyingkirkan Belanda di kualifikasi, Islandia mendepak Inggris dari 16 besar.  

Dengan jumlah penduduk hanya 330 ribu jiwa, Islandia pun menjadi negara terkecil yang bakal tampil di Piala Dunia 2018. "Ini rasanya aneh. Saya tidak tahu harus berkata apa. Pikiran saya melayang-layang," kata Hallgrimsson usai pertandingan dilansir RUV. 

Dikter gigi paruh waktu itu memang tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya. saking senangnya, dia sampai membandingkan, pemainnya, Aron Einar Gunnarsson dengan dua legenda sepak bola dunia. "Maksud saya...Pele, Maradona dan Aron Einar Gunnarsson."

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.