Sukses

Inilah 3 Calon Kuda Hitam di Piala Dunia 2018

Liputan6.com, Jakarta - Sudah 17 tim yang memastikan tiket putaran final Piala Dunia 2018. Beberapa tim yang sudah lolos merupakan langganan putaran final. Namun, ada juga beberapa tim yang lolos menjadi sebuah kejutan.

Hingga kini, ajang kualifikasi Piala Dunia 2018 sendiri masih berjalan. Tapi, lebih dari 50% slot yang tersedia sudah terisi. Negara-negara yang sudah menjadi langganan adalah Brasil, Jerman, Inggris, Spanyol, dan Jepang.

Namun, ada beberapa tim top pula yang masih harus berjuang untuk lolos ke putaran final. Sebut saja Argentina yang diperkuat Lionel Messi, Portugal bersama Cristiano Ronaldo, dan Belanda yang diperkuat Arjen Robben.

Melihat situasi yang terjadi, tingkat kesulitan untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 memang bertambah. Anehnya, ada beberapa tim yang diprediksi bakal kesulitan justru lolos dengan langkah mulus.

Di antaranye beberapa tim, tentu ada yang berpeluang menjadi kuda hitam di Piala Dunia 2018. Berikut daftar tiga tim calon kuda hitam versi Liputan6.com:

 

 

1 dari 4 halaman

1. Islandia

Islandia menjadi peserta terkini yang memastikan tiket putaran final Piala Dunia 2018. Kesuksesan itu didapat berkat kemenangan 2-0 atas Kosovo pada matchday ke-10 Grup I di Laugardalsvollur, Selasa (10/10/2017) dinihari WIB.

Berkat kemenangan itu, Islandia sukses mengakhiri petualangan sebagai juara Grup I. Mereka memenangkan persaingan dengan Kroasia, Ukraina, Turki, Finlandia, dan Kosovo. Total 22 poin mereka raih dari 10 laga.

Islandia membuat kejutan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah menyalip Kroasia di puncak klasemen dengan raihan 22 poin, atau unggul 2 poin dari Kroasia. (AP/Brynjar Gunnarsson).

Bagi Islandia, ini adalah kejutan kedua yang mereka ciptakan dalam beberapa tahun terakhir. Maklum, ini menjadi momen perdana mereka tampil di putaran final. Sebelumnya, mereka juga membuat kejutan dengan lolos ke putaran final Piala Eropa 2016.

Meski berstatus sebagai debutan, faktanya Islandia mampu membuat banyak orang terkagum-kagum. Itu karena mereka mampu melaju hingga perempat final. Mereka mampu menahan Portugal 1-1 dan membungkam Inggris 2-1.

Bukan tak mungkin mereka bakal kembali menciptakan kejutan di Piala Dunia 2018. Mengandalkan semangat pantang menyerah dan Gylfi Sigurdsson dan kawan-kawan diyakini bisa memberikan perlawanan meski berstatus debutan.

2 dari 4 halaman

2. Mesir

Momen bersejarah baru saja diukir Mohamed Salah bersama timnas Mesir dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika. Untuk kali pertama, Mesir menembus putaran final Piala Dunia sejak edisi 1990.

Momen spesial Salah itu diukir saat timnas Mesir menjamu Kongo pada matchday kelima Grup E kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika, Senin (9/10/2017) dini hari WIB. Kemenangan 2-1 Mesir atas Kongo didapat berkat dua gol Salah di menit ke-63 dan penalti ke-90+5.

Bintang Mesir, Mohammed Salah, digotong saat merayakan keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2018 di Stadion Borg El Arab, Alexandria, Senin (8/10/2017). Mesir lolos ke Piala Dunia setelah absen sejak gelaran tahun 1990. (AP/Nariman El-Mofty)

Berkat kemenangan itu, perolehan 12 poin Mesir di klasemen Grup E kualifikasi Piala Dunia 2018 sudah tak terkejar. Uganda yang berada di urutan kedua hanya mengantongi delapan poin dari lima laga. Grup E sendiri tinggal menyisakan satu pertandingan saja.

Tentu, tak sedikit pihak yang akan meremehkan kans Mesir di putaran final nanti. Namun, saat ini mereka memiliki materi yang bisa menciptakan kejutan. Selain Salah, mereka juga diperkuat Mohamed Elneny, Sam Morsy, Koka, Ahmed Hegazi, Omar Gaber, dan Ramadhan Sobhi. Mereka semua adalah pemain Mesir yang berkarier di Eropa.

 

3 dari 4 halaman

3. Belgia

Belgia mungkin menjadi tim yang paling mungkin menjadi kuda hitam di Piala Dunia 2018. Hal itu sudah dibuktikan ketika mereka tampil di Piala Dunia 2014. Meski telah absen dalam dua edisi, saat itu mereka mampu melaju hingga perempat final.

Rapor serupa juga diukir Belgia di Piala Eropa 2016 dengan melaju hingga perempat final. Untuk kesempatan kali ini, The Red Devils tentu berambisi mengukir hasil lebih baik. Dan mereka memiliki banyak hal untuk mewujudkan hal itu.

Penyerang Belgia, Romelu Lukaku terbilang subur di klub maupun di negaranya, saat berkostum timnas Belgia, Lukaku telah mencetak 10 gol sekaligus membawa Belgia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 Rusia. (AFP/Louisa Gouliamaki)

Saat ini skuat Belgia disebut-sebut sebagai generasi emas. Hampir di semua lini mereka diisi pemain-pemain bintang. Di sektor kiper, mereka punya Simon Mignolet dan Thibaut Courtois. Lini belakang mereka diperkuat Jan Vertonghen, Thomas Vermaelen, Vincent Kompany, dan Toby Alderweireld.

Lini tengah mereka jauh lebih berkilau. Itu karena mereka memiliki Marouane Fellaini, Eden Hazard, Alex Witsen, Kevin De Bruyne, Yannick Carrasco, dan Nacer Chadli. Di sektor serangan, mereka punya pilihan Michy Batshuayi, Romelu Lukaku, dan Dries Mertens.

Dengan skuat seperti itu, tak heran jika laju Belgia di Grup H kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa tak terbendung. Dari sembilan laga, mereka mampu meraup 25 poin, unggul sembilan poin atas Yunani yang menjadi pesaing terdekat.

Artikel Selanjutnya
Arab Saudi dan Korsel Lolos ke Piala Dunia 2018
Artikel Selanjutnya
Timnas Indonesia Tantang Meksiko di Homeless Cup 2017