Sukses

5 Klub yang Gagal Juara Liga Inggris pada Detik Terakhir

Klub ini gagal juara karena terpeleset pada akhir musim.

Liputan6.com, London - Liga Inggris musim ini diprediksi menjadi salah satu yang paling menarik dalam sejarah. Kejutan kemungkinan akan terjadi hingga hari terakhir pertandingan.

Pada awal musim ini, duo Manchester yang memimpin klasemen. Persaingan ini mengingatkan pada Liga Inggris musim 2011/12.

Kala itu gol Sergio Aguero saat City mengalahkan QPR membawa gelar sekaligus menikung rival sekotanya itu. The Citizens juara hanya karena unggul selisih gol atas MU.

Hingga sekarang, musim tersebut disebut sebagai yang terbaik Liga Inggris. Apalagi gol Aguero baru tercipta pada injury time.

Lalu klub lain manakah yang pernah merasakan nasib seperti MU. Berikut ulasannya seperti dilansir Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Liverpool Musim 2008-2009

Tuntutan Liverpool untuk merebut trofi liga pertama sejak 1990 terus disuarakan fans. Dan pada musim 2008-09, The Reds sebenarnya sangat dekat menuntaskan penantiannya itu.

Rafa Benitez yang kala itu jadi manajer dibekali sejumlah nama besar, semisal Fernando Torres, Steven Gerrard, hingga Javier Mascherano. Tim ini terlihat mengerikan setelah mengemas 77 gol semusim.

Akan tetapi, kelemahan di pertahanan The Reds kala itu jadi titik nadir. Mereka akhirnya terpeleset pada akhir musim. The Reds mengakui kalah dari MU dengan berselisih empat poin saja.

3 dari 6 halaman

2. Tottenham Hotspur Musim 2015-2016

Spurs bersama Mauricio Pochettino juga pernah merasakan terpeleset pada menit-menit akhir kompetisi. Padahal, mereka dijagokan untuk juara ketimbang Leicester City.

Pochettino mampu mengubah tim menjadi penantang gelar dengan memainkan sepak bola yang dinamis. Dengan inti bakat muda Inggris seperti Harry Kane, Delle Alli dan Eric Dier, ditambah pemain berkualitas seperti Hugo Lloris, Jan Vertonghen, dan Eriksen, mereka menjelma menjadi menakutkan.

Pada tanggal 3 Mei, Spurs melawan Chelsea di Stamford Bridge untuk membuka peluang juara. Namun, hasil imbang melawan rivalnya itu membantu Leicester City mengamankan gelar pertamanya.

4 dari 6 halaman

3. Manchester United Musim 2011-2012

Soal ditelikung, MU bersama Sir Alex Ferguson paling merasa sakit. Mereka harus gagal juara pada pekan terakhir karena dijegal City.

Ironisnya, MU gagal meraih gelar dengan selisih gol dari City. Itu tak lepas dari kesalahan MU dalam beberapa laga terakhir musim tersebut.

Mereka sebenarnya sempat unggul delapan poin dan justru disamakan City dalam lima pertandingan terakhir musim ini. Musim brilian yang bisa ditutup dengan sebuah gelar, berubah menjadi salah satu hari paling gelap dalam sejarah MU.

5 dari 6 halaman

4. Liverpool musim 2013-2014

Bersama Brendan Rodgers, Liverpool kembali hampir mengakhiri penantian meraih gelar liga sejak 1990. Manajer asal Irlandia Utara itu mengumpulkan tim berpengalaman dengan permainan menyerang dinamis.

Bayangkan, mereka diisi pemain tajam seperti Luis Suarez, Philippe Coutinho, Steven Gerrard, Raheem Sterling dan Daniel Sturridge. Namun, Liverpool justru mengalami performa menurun gara-gara kapten mereka, Steven Gerrard.

Saat Gerrard terpeleset melawan Chelsea merupakan momen paling penting musim ini yang membuat Liverpool memberi kesempatan pada Manchester City untuk mengejar.

Poin Liverpool kemudian disamai oleh City. Namun, pada pekan selanjutnya, mereka justru ditahan imbang oleh Crystal Palace.

Sedang City sukses melibas dua laga sisa dengan kemenangan. Hingga akhirnya The Citizens juara dengan selisih empat angka.

6 dari 6 halaman

5. Newcastle Musim 1996-1997

Tim terhebat dan paling menarik yang belum pernah memenangkan gelar Liga Inggris adalah Newcastle pada musim 1996-97. Mereka tampil sangat perkasa sampai pertengahan musim.The Magpies sempat unggul 12 poin atas MU.

Namun, mereka justru terpeleset pada beberapa laga penting hingga akhirnya disalip MU. Kegagalan Newcastle seperti banyak lainnya dalam daftar ini juga berasal dari ketidakmampuan pulih saat tim tengah berada pada periode krisis.

Padahal kala itu, Newcastle diisi pemain-pemain bintang, macam seperti David Ginola dan Les Ferdinand.

(Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Tottenham Hotspur adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris
    Tottenham Hotspur adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris

    Tottenham Hotspur

  • Newcastle United adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Newcastle, Inggris
    Newcastle United adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Newcastle, Inggris

    Newcastle United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU