Sukses

Gejolak Politik Tak Ganggu Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018

Liputan6.com, Madrid - Pelatih Timnas Spanyol, Julen Lopetegui, menepis kabar timnya akan terganggu dengan gejolak politik dalam negeri. Menurut Lopetegui, anak-anak asuhannya tak akan terpengaruh dalam persiapan menuju Piala Dunia 2018.

Gejolak politik di Spanyol terkait keputusan merdeka Catalonia. Sehari sebelum Timnas Spanyol mengalahkan Israel 1-0, ratusan ribu demonstran berkumpul di Barcelona.

Aksi itu untuk menentang rencana para pemimpin separatis mendeklarasikan kemerdekaan Catalonia. Apalagi, pelaksanaan referendum Catalonia yang dilarang pemerintah Spanyol.

Saat ini, terdapat tiga pemain asal Catalonia di skuat Timnas Spanyol. Yang paling vokal adalah bek Barcelona, Gerard Pique, untuk mendukung referendum Catalonia selama ini.

Setiap kemungkinan upaya kemerdekaan akan memengaruhi posisi mereka di tim nasional. Bahkan, mereka sudah siap untuk mundur dari Timnas Spanyol bila Catalonia membentuk Timnas sepak bola.

"Kami atlet dan tidak ada sangkut pautnya dengan politik. Kami ingin fokus pada diri sendiri," ucap Lopetegui usai pertandingan, seperti dilansir AFP, Selasa (10/10/2017).

Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: Menyambut Era Emas Baru Timnas Spanyol
Artikel Selanjutnya
Indra Ingin Ulangi Kejayaan Timnas Indonesia U-19 Era Evan Dimas