Sukses

Australia Hapus Asa Suriah ke Piala Dunia 2018

Liputan6.com, Sydney - Timnas Australia memutus asa Suriah untuk tampil di Piala Dunia 2018 Rusia. Australia menang 2-1 atas Suriah leg kedua play-off zona Asia yang digelar di ANZ Stadium, Sydney, Australia, Selasa (10/10/2017), sekaligus menjadikan agregat 3-2.

Socceroos bersusah payah menundukkan Suriah dan harus melewati babak tambahan. Kemenangan Australia tercipta berkat dua gol Tim Cahill pada menit ke-13 dan ke-109.

Sukses itu memastikan pasukan Ange Postecoglou itu meraih tiket play-off Piala Dunia 2018. Australia akan menghadapi tim peringkat empat dari klasemen zona Amerika Utara, Tengah dan Karibia (Concacaf).

Suriah sempat mengejutkan kala unggul lebih dulu pada menit ketujuh. Tamer Haj Mohamad mencuri bola dari Mark Miligan kemudian bola tersebut diselesaikan oleh Omar Al Soma.

Tapi, Australia kemudian membalas lima menit berselang, saat bekas pemain Everton, Tim Cahill, menuntaskan umpan silang James Troisi. Skor menjadi 1-1. Permainan cenderung berjalan lambat, kedua tim tidak banyak saling serang.

 

Hingga 90 menit penuh, skor tidak berubah 0-0 dan laga berlanjut ke babak tambahan. Pertandingan ini juga diwarnai kartu merah yang diterima pemain Suriah pada menit 94 saat Mahmoud Al Mawas mendapatkan kartu kuning kedua akibat melanggar Robbie Kruse.

Keunggulan jumlah pemain itu dimaksimalkan Australia untuk mencetak gol kemenangan melalui tandukan jarak dekat Tim Cahill yang meneruskan umpan silang Kruse pada menit 111.

Suriah nyaris menyamakan kedudukan dari tendangan bebas Al Soma dari luar kotak penalti, namun sepakannnya tak bebruah gol karea membentur gawang sehingga skor 2-1 untuk kemenangan The Soccerros bertahan hingga laga usai.

Australia dan Suriah melakoni laga playoff karena keduanya menempati posisi ketiga dari dua grup kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia. Suriah di grup A bersama Iran dan Korea Selatan yang otomatis lolos ke Rusia, sedangkan Australia di Grup B bersama Jepang dan Arab Saudi sebagai dua tim teratas.

Susunan pemain:

Australia: Mathew Ryan, Milos Degenek, Trent Sainsbury, Matthew Jurman, Matthew Leckie, Robbie Kruse, Mark Milligan, James Troisi, Brad Smith, Tom Rogic, Tim Cahill.

Suriah: Ibrahim Alma, Tamer Haj Mohamad, Mahmoud Al Mawas, Moayad Ajan, Jehad Al Baour, Zaher Al Midani, Fahad Youssef, Omar Al Somah, Hamid Mido, Mardik Mardikian, Oday Jafal.