Sukses

Belanda Gagal ke Piala Dunia, Arjen Robben Pensiun

Selama lebih dari 14 tahun bermain di level internasional, Robben sudah menyumbangkan 37 gol dari 96 penampilan.

Liputan6.com, Amsterdam - Winger Bayern Munich, Arjen Robben, memutuskan pensiun dari Tim Nasional Belanda. Ia menilai, ini adalah momen yang tepat baginya untuk gantung sepatu dari Tim Oranye.

Belanda dipastikan gagal melangkah ke Piala Dunia 2018. Hal ini terjadi setelah Tim Oranye hanya menang 2-0 atas Swedia pada laga terakhir babak penyisihan Grup A Piala Dunia 2018 zona Eropa di Amsterdam ArenA, Rabu (11/10/2017) dinihari WIB. Dua gol Belanda dalam laga ini dicetak Robben.

"Aku sudah cukup lama memikirkan ini. Dulu sekali, aku juga sudah mempertimbangkan untuk pensiun, tapi pada akhirnya aku memutuskan lanjut. Aku sekarang 33 tahun dan bermain di salah satu klub terbaik Eropa, jadi aku harus membuat keputusan," kata Arjen Robben.

"Aku sekarang fokus total untuk klub. Ini adalah momen yang tepat untuk mengalihkan tanggung jawab ke pemain lain. Piala Dunia 2010 dan 2014 adalah kenangan terindahku bersama Timnas. Sebagai grup, kami sangat dekat. Aku sangat menikmatinya. Periode 14 tahun adalah waktu yang lama di Tim Oranye. Itu luar biasa," Robben menambahkan.

Robben menjalani debut bersama Belanda saat menghadapi Portugal pada April 2003. Ketika itu, Robben masih bermain di PSV Eindhoven dan baru berusia 19 tahun.

Selama lebih dari 14 tahun bermain di level internasional, Robben sudah menyumbangkan 37 gol dari 96 penampilan. Arjen Robben pernah membawa Belanda menjadi runner-up Piala Dunia 2010 dan menduduki tempat ketiga Piala Dunia 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.