Sukses

Ini Rencana Robben Usai Pensiun dari Timnas Belanda

Robben merasa ini waktu yang tepat untuk alih tongkat estafet.

Liputan6.com, Amsterdam - Kabar mengejutkan datang dari bintang Belanda Arjen Robben. Pemain yang kini membela Bayern Munchen ini mengumumkan pensiun setelah mencetak dua gol ke gawang Swedia pada pertandingan terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018, Rabu (11/10/2017) dini hari WIB.

Meski mencatat hasil positif, kemenangan itu tak bisa mengantarkan Belanda ke putaran final di Rusia tahun depan. Pasalnya, Belanda kalah selisih gol dari peserta lain.

Usai pertandingan, Robben menjelaskan masa depannya. Ia menyatakan siap untuk memfokuskan kariernya bersama Bayern Munchen.

"Saya kini sudah 33 tahun. Saya sedang bermain untuk sebuah klub top di Eropa dan saya kini ingin berkonsentrasi ke situ," kata Robben.

"Ini adalah juga waktu yang tepat untuk alih tongkat estafet. Saya masih merasa sangat bagus dan ingin berada di puncak selama mungkin," kata Robben.

Robben, yang memperkuat Belanda pada Piala Dunia 2006, 2010 dan 2014, sudah mencetak 37 gol dari 96 pertandingan internasionalnya selama 14 tahun. Catatan golnya sama dengan Dennis Bergkamp.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Momen Pahit

Sementara itu, kepastian Belanda tersingkir dari Piala Dunia 2018 merupakan momen pahit bagi pemain berusia 33 tahun. Belanda untuk kedua kali berturut-turut gagal berlaga pada turnamen akbar sepak bola setelah tahun lalu juga tak berhasil tampil pada Euro 2016.

Meski begitu, sambutan meriah tetap diberikan kepada Robben. Begitu pertandingan selesai, para pendukung Belanda berdiri sambil bertepuk tangan bagi Robben sambil berseru, "Arjen, terima kasih".

Robben pernah dikenang karena gagal menciptakan gol saat melawan Spanyol pada final Piala Dunia 2010. Spanyol akhirnya menang 1-0 lewat perpanjangan waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.