Sukses

Messi Sempat Ketakutan Sebelum Bawa Argentina Tekuk Ekuador

Liputan6.com, Jakarta Pahlawan Timnas Argentina, Lionel Messi, tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya usai membawa negaranya lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Tim Tango melaju ke Rusia setelah mengalahkan Ekuador 3-1 di laga penutup babak kualifikasi Zona CONMEBOL.

Bertarung di Stadion Atahualpa, Quito, Selasa (10/10/2017) atau Rabu pagi (11/10/2017) WIB, Argentina sebenarnya sempat tertinggal lewat gol cepat Romario Andrés Ibarra. 

Namun Messi yang menjadi andalan Argentina tampil memukau dan mencetak hattrick sekaligus membalikkan kedudukan jadi 3-1. La Pulga memperdayai kiper Ekuador pada menit ke-12, 20', dan 62. Dengan hasil ini, Argentina yang sempat berada di ujung tanduk akhirnya finis di urutan ketiga klasemen CONMEBOL dan lolos ke Rusia. 

"Selalu ada rasa takut setiap bermain di sini. Untunglah kami bisa bereaksi dan bermain dengan baik," kata Messi kepada wartawan seperti dilansir Soccerway usai laga.  

"Kami bermain dengan tenang, kami mencetak gol dan itu yang paling penting dan kami bermain dengan sangat baik," ujar pemain Barcelona itu menambahkan. 

Melewati tiga laga beruntun dengan hasil imbang, posisi Argentina sebenarnya sempat diragukan ke putaran final. Apalagi selisih poin tim-tim yang bersaing di papan atas CONMEBOL sangat tipis. Selain harus menang, Argentina juga bergantung pada laga lain. 

Argentina akhirnya melenggang mulus ke Rusia karena di laga lainnya, Brasil yang sudah lolos mampu mengalahkan Chile 3-0. Sementara Peru bermain imbang 1-1 melawan Kolombia. Dengan demikian, Argentina pun berhak atas peringkat ketiga dengan 28 poin. 

"Alangkah gila bila tidak lolos ke Piala Dunia. Tim ini berhak lolos," kata Messi.

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

 

 

1 dari 2 halaman

Kunci Kesuksesan Argentina

Tidak mudah bagi Messi dan kawan-kawan melewati Ekuador dan lolos ke Piala Dunia 2018. Namun berkat kekompakan pemain, Tim Tango akhirnya mampu melewatinya. 

"Ada kritik meski telah tampil di tiga final berturut-turut dan hari ini merupakan hari penting bagi semua, terutama bagi mereka yang sudah lama berada di sini," kata Messi. 

"Kami sengaja menjauhi pers dan orang-orang sementara waktu. Saya pikir ini membantu mendekatkan kami. Jika semua berjalan beriringan, semua akan lebih mudah," ujarnya. 

 

Messi berharap, Argentina tidak menyia-nyiakan keberhasilan mereka ke putaran final. Sebaliknya, La Pulga ingin memenangkan trofi Piala Dunia 2018 mendatang. 

"Tidak adil melihat apa yang terhadi di Piala Dunia dan dua Copa America. Kami akhirnya menderita saat memasuki Piala Dunia ini, dan mudah-mudahan kami bisa merebutnya sekali dan untuk selamanya," kata Messi. "Nikmati babak kualifikasi ini dan persiapan secara perlahan, sebab masih ada yang lainnya dan itu akan berkembang terus," beber Messi.